Ini Deretan Penyebab Ketiak Hitam

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ketiak yang menghitam kerap dianggap sebagai masalah bagi sejumlah orang dan membuat rasa percaya diri berkurang. Dilansir dari Romper, berikut sejumlah hal yang bisa menyebabkan ketiak menjadi hitam.

Sel Kulit Mati
Hal umum yang menyebabkan pigmen menjadi lebih gelap di ketiak adalah sel kulit mati. Ketika sel kulit mati berkumpul, proses pigmentasi meningkat dan ketiak biasanya sensitif terhadap akumulai sel kulit mati.

Untuk mengatasi masalah ini, eksfolasi sel kulit mati bisa dilakukan. Hal ini bisa mencerahkan warna ketiak yang berubah menjadi lebih gelap.

Kesalahan saat Bercukur
Mencukur ketiak merupakan salah satu penyebab munculnya kondisi menghitam ini. Hal ini biasanya terjadi karena bercukur menyebabkan iritasi pada kulit.

Untuk mencegah masalah kesehatan ini, kamu bisa menggantinya menjadi waxing alih-alih bercukur. Hal lain yang bisa dilakukan adalah membiarkan rambut ketiak tetap tumbuh.

Iritasi Kulit
Sejumlah deodiran bisa menyebabkan iritasi kulit yang menyebabkan kulit ketiak menjadi gelap. Hal ini biasanya dialami oleh mereka yang cenderung memiliki warna kulit lebih gelap.

Menurut sebuah penelitian, masalah ini sangat umum dialami dengan perkiraan 45 hingga 83 persen orang mengalaminya. Masalah ini bisa diatasi dengan cara mengganti deodoran yang kamu gunakan.

Masalah Hormonal
Kondisi hormonal juga bisa menjadi penyebab ketiak yang warnanya berubah gelap. Hal ini bisa muncul akibat ketidakimbangan progesteron dan estrogren yang meningkatkan pigmen bagi bagian tubuh tertentu.

Kondisi ini umumnya dialami oleh wanita hamil atau yang mengonsumsi pil KB. Ketika mengalami kondisi yang dikenal sebagai Melasma ini, sebaiknya konsultasi dengan dokter untuk mengatasinya.

Efek Samping Obat
Konsumsi obat tertentu bisa menyebabkan bagian bawah ketiak menjadi lebih gelap. Walau mengganggu, masalah ini tidak berbahaya.

Kondisi perubahan warna akibat obat ini baru berbahaya juka disertai masalah kesehatan lain. Walau begitu, jika kamu khawatir, maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

Masalah Kulit Tertentu
Masalah kulit bernama acanthosis nigricans (AN) merupakan kondisi kulit yang menyebabkan bagian tertentu menjadi lebih gelap dan menebal. Kondisi ini bisa terjadi pada bagian kulit tertentu seperti belakang leher, siku dan lutut, ketiak, atau bahkan bagian bawah payudara.

Kondisi ini biasanya berhubungan dengan obesitas karena hal ini disebabkan meningkatnya gula di dalam tubuh. Walau kondisi ini tak berbahaya, namun bisa jadi tanda masalah kesehatan tertentu seperti kanker atau diabetes.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Peningkatan Infrastruktur di Bali Bukti Komitmen Indonesia Siap Selenggarakan WWF 2024

World Water Forum Ke-10 di Bali pada 18-24 Mei 2024 diharapkan akan menghasilkan berbagai solusi masalah air termasuk sanitasi...
- Advertisement -

Baca berita yang ini