Ini Cara Mudah Menggunakan Internet Banking BRI

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Makin mudah dan gampang menggunakan jasa perbankan Bank Rakyat Indonesia. Apalagi dalam kondisi pandemik seperti sekarang ini.

Internet Banking Bank Rakyat Indonesia yang selanjutnya disebut dengan IB BRI adalah layanan transaksi online perbankan yang dioperasikan menggunakan koneksi internet. Dengan cara registrasi IB BRI yang mudah, layanan ini diluncurkan untuk menunjang berbagai proses transaksi keuangan dari para nasabah. Baik itu transfer non tunai, cek saldo, membuka deosito, tabungan berangka, membayar tagihan listrik, air, kartu kredit dan lain sebagainya.

Untuk dapat mengakses internet banking, kamu hanya memerlukan laptop, tablet, atau ponsel pintar dengan koneksi data internet yang bagus. Layanan internet banking dari BRI ini sifatnya juga gratis. Karena tidak ada biaya tambahan apapun seperti pajak, pulsa atau lainnya dan benar-benar murni hanya membutuhkan koneksi internet

 Cara registrasi IB BRI agar aktif

Sebelum menggunakan layanan IB BRI ini, terlebih dahulu kamu harus melakukan aktivasi. Nah, kamu dapat mengaktifkan IB BRI dengan melakukan registrasi via mesin ATM atau mendaftarkan langsung ke kantor cabang. Internet banking memang sangat memudahkan kamu dalam melakukan sederet transaksi di mana saja dengan cepat. Namun, penggunaan layanan ini juga tetap memiliki beberapa kelebihan dan kelemahan. Apa sih kelebihannya:

  1. Dapat diakses dengan praktis dan gratis

Untuk bertransaksi menggunakan internet banking, kamu hanya membutuhkan ponsel atau PC dengan bantuan koneksi internet. Dengan begitu kamu bisa menghemat waktu serta biaya, karena tidak perlu mengeluarkan ongkos transportasi untuk ke kantor cabang ataupun untuk mengantre. Semuanya dapat diakses dengan mudah hanya melalui ponsel pintar anda kapanpun dan dimanapun selama 24 jam.

  1. Menghemat waktu

Transaksi keuangan yang dapat dilakukan menggunakan internet banking sangat banyak mulai dari cek saldo, cek mutasi. transfer, pembayaran tagihan dan lainnya. Dengan begitu para nasabah dapat membuat serta mengatur beberapa transaksi sekaligus dalam satu waktu.

  1. Biaya operasional bank menjadi lebih hemat

Bank yang sudah menerapkan sistem informasi teknologi serta memiliki fitur internet banking tentu akan lebih menghemat biaya operasional. Hal ini karena bank tersebut tidak perlu lagi membuka kantor cabang yang baru untuk menjangkau para nasabah.

  1. Dapat digunakan untuk berbagai macam transaksi bank

Internet banking dapat digunakan untuk berbagai macam transaksi, meliputi cek saldo dan mutasi rekening, transfer uang sesama atau antar bank secara non tunai, pembayaran tagihan bulanan, pembayaran tagihan kartu kredit, isi ulang pulsa elektrik dan pembayaran transaksi e-Commerce.

  1. Dapat digunakan untuk membuka rekening tabungan baru

Melalui internet banking, kamu juga dapat membuka rekening tabungan yang baru. Baik itu tabungan berjangka, tabungan haji, tabungan pendidikan, atau membuka rekening deposito secara cepat dan aman.

  1. Pengajuan pinjaman bank

Kamu juga dapat mengajukan pinjaman KPR, KMG, KPR secara online secara cepat dan mudah.

  1. Mengecek kurs mata uang

Melalui internet banking, kamu dapat mengecek nilai tukar mata uang rupiah terhadap negara lain, seperti dollar Singapura (SGD), dollar Amerika (USD), yen Jepang (JPY), euro (EUR) dan masih banyak lagi.

  1. Memperoleh banyak informasi terbaru

Internet banking juga selalu mengupdate berbagai produk dan program terbaru dari bank.

Itu kelebihan menggunakan internet banking, tapi ada juga loh yang harus diwaspadai saat kamu gunakan IB BRI:

  1. Rawan pencurian serta penyadapan data

Sebagai pihak bank atau nasabah, kamu juga tetap harus waspada akan kejahatan cyber yang dilakukan hacker. Kejahatan pencurian data nasabah oleh hacker bisa saja terjadi karena keteledoran. Oleh karena itu agar lebih aman para nasabah harus mematuhi setiap prosedur penggunaan internet banking. Sedangkan pihak bank juga harus rajin melakukan pengawasan serta perawatan infrastruktur.

  1. Rawan kejahatan online

Kejahatan online bisa saja dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab denngan berbagai modus. Seperti teknik phising, penawaran hadiah palsu, skimming dan sebagainya. Jangan mudah tergiur dengan hal-hal seperti iklan yang tidak masuk akal.

  1. Rawan terkena malwarevirus

Agara tidak mudah terkena virus sebaiknya anda menggunakan koneksi internet yang stabil dan aman. Hindari menggunakan Wifi public dan koneksi VPN gratisan karena terdapat banyak virus. Patikan ponsel/PC yang anda gunakan telah terinstal antimalware dan antivirus.

  1. Tidak bisa diakses di area limit sinyal

Di Indonesia tentunya ada beberapa daerah yang masih terpencil dan koneksi sinyal internet rendah. Hal ini tentu berimbas pada proses transaksi yang gagal karena tidak ada sinyal.

Internet banking memang memberikan banyak kemudahan dan efisiensi waktu untuk memenuhi kebutuhan transaksi anda. Jika dulunya transaksi seperti penyetoran atau transfer hanya dapat dilakukan dengan manual. Maka saat ini berbagai transaksi tersebut dapat dilakukan dengan non tunai. Salah satunya adalah dengan cara registrasi IB BRI. Namun dibalik kemudahan yang ditawarkan tersebut anda juga harus tetap berhati-hati karena saat ini kejahatan online sudah marak terjadi. Berikut beberapa tips dalam melakukan transaksi dengan IB BRI:

Tips aman transaksi menggunakan IB BRI

  1. Jaga data pribadi dengan baik

Jangan pernah kamu ekalipun memberikan informasi terkait user id serta password IB BRI anda kepada siapapun. Hindari memberikan informasi pribadi yang sifatnya rahasia seperti nomor token, PIN, dan lainnya baik melalui telepon atau email.

  1. Ketik URL internet banking secara benar

Ketika kamu ingin melakukan transaksi, pastikan URL yang anda masukkan adalah situs resmi dari bank BRI. Pastikan terdapat tanda gembok sebelum nama website bank di bagian atas halaman browser. Jika ada link email yang mengarahkan untuk membuka situs internet banking maka jangan di klik. Karena biasanya hal tersebut adalah modus pencurian.

  1. Buat password yang cukup rumit

Usahakan kamu membuat password internet banking yang tidak mudah ditebak. Buatlah kombinasi password yang rumit dan susah ditebak. Dangan jangan lupa untuk mengupdatenya secara berkala.

  1. Kunci ponsel atau PC anda dengan sandi

Untuk melindungi data-data pribadi yang penting dalam ponsel atau PC dari pihak yang tidak bertanggung jawab, maka sebaiknya kunci dengan menggunakan sandi.

  1. Pantau akun secara rutin

Untuk mengantisipasi jika terdapat perubahan pada aktivitas internet banking maka kamu perlu memantaunya secara rutin. Jika tiba-tiba saja terdapat transaksi yang mencurigakan dan tidak sah, maka segeralah melapor kepada pihak bank.

Setelah memahami macam-macam fitur IB BRI beserta dengan kelebihan dan kekuarangannya, kamu entu bisa lebih aman dan nyaman untuk melakukan transaksi keuangan.

Praktis bukan?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

KSPI NTT Akan Perjuangkan Kenaikan UMP 2025 Sebesar 10 Persen

Minews.id, Kota Kupang - Upah Minimum Provinsi (UMP) di wilayah NTT menjadi salah satu topik yang akan kembali diperjuangkan...
- Advertisement -

Baca berita yang ini