Ini 5 Keuntungan Jadi Backpacker Solo

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sebelum perjalanan, tentu ada yang namanya perencanaan. Namun apalah arti sebuah rencana kalau berujung wacana saja.

Momen yang kerap terjadi, sudah direncanakan dan ditetapkan. Namun, saat tanggalnya tiba ternyata hasilnya nihil alias ga jadi. Mungkin kalau anak zaman now akan mengatakan “rasanya ahh mantap”, bayangkan saja kecewanya tidak jadi pergi padahal persiapan sudah matang.

Untuk pilihan terakhirnya, yaitu jalan sendiri atau biasa disebut solo backpacker. Jangan khawatir, perjalanan tersebut tidak sehoror yang dibayangkan. Selain itu juga banyak hal positif yang bisa didapatkan. Simak 5 keuntungan solo traveling ala backpacker;

1. Meningkatkan Kemandirian

Entah kenapa diri seseorang akan mendadak visa mengatasi segala hal bila ada tekanan maupun ancaman, misalnya batas waktu atau keadaan darurat. Contohnya, pakaian yang biasa dicucikan oleh orang tua, namun pada saat pergi mau tidak mau mencuci sendiri. Hal itu bisa dilakukan karena mau tidak mau, karena tidak mungkin esok harinya melanjutkan perjalanan tanpa busana.

2. Menambah Teman Baru

Saat traveling akan banyak orang baru yang ditemui, baik itu sesama traveler ataupun masyarakat lokal. Lalu dengan adanya komunikasi yang terjalin, saling tukar cerita, saling tukar informasi latsr belakang, kemungkinan besar akan menambah teman baru.

Berbeda dengan berjalan bersama teman, komunikasi dan fokus akan selalu tertuju padanya. Selain itu belum lagi saling tunggu satu sama lain, apalagi yang ditunggu lama membuat bosan.

3. Bisa Mengatur Keuangan Sendiri

Saat solo traveling harus cermat mengatur keuangan, jangan sampai boros karena tergiur dengan potongan harga. Belanja sesuai dengan kebutuhan pada anggaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Karena bila habis, tidak ada yang bisa menolong, kecuali merepotkan orang rumah dengan cara meminta transfer.

4. Pergi Bebas

Inilah salah satu enaknya solo backpacker, tidak dibatasi waktu ataupun tempat tujuan. Bisa menjelajahi wisata manapun, selama itu masuk daftar rencana perjalanan. Waktunyapun diri sendiri yang menentukan, bila masih nyaman ya lanjut tidak terburu-buru oleh waktu.

5. Berani Mengambil Resiko

Setiap perjalanan pasti ada saja kendala yang menghampiri, hal itu bisa datang kapan saja. Maka dari itu, harus mengambil keputusan sendiri saat melakukan perjalanan ala backpacker. Karena dengan hal tersebut membuat diri jadi lebih bertanggung jawab, tidak bergantung pada orang lain.

Cukup banyak hal yang bisa didapatkan saat solo backpacker. Tunggu apalagi? Mari langkahkan kaki untuk nikmati negeri ini.

Reporter: Fajar Nur Alamsyah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini