Ilmuwan: Ada Potensi Manusia Keluarkan Bisa Beracun Seperti Ular

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sekelompok ilmuwan menegaskan bahwa manusia memiliki potensi untuk mengeluarkan racun bisa seperti ular. Hal ini dilatarbelakangi dengan adanya temuan bukti konkret dari hubungan antara kelenjar racun pada ular dan kelenjar ludah pada mamalia.

Mengutip dari Independent, para ilmuwan dari Institut Sains dan Teknologi Okinawa Universitas Pascasarjana (OIST) dan Universitas Nasional Australia mencari gen yang bisa bekerja sama dan berinteraksi dengan gen racun.

Dengan menggunakan kelenjar racun dari ular habu Taiwan, ular pit viper yang ditemukan di Asia dan mengidentifikasi sekitar 3ribu gen yang ada di hewan itu. Hasilnya, seluruh gen kelenjar racun dari ular memainkan peran penting dalam melindungi sel dari stres yang disebabkan oleh produksi banyak protein.

Peneliti ternyarta menemukan genom makhluk lain termasuk mamalia seperti anjing, simpanse, dan manusia. Bahkan, gen pada kelenjar ludah mamalia memiliki pola aktivitas yang mirip dengan yang terlihat pada kelenjar bisa ular.

Maka, para ilmuwan bisa menyimpulkan bahwa kelenjar ludah pada mamalia dan kelenjar racun berbagi inti fungsional kuno.

Sementara National World menginformasikan bahwa banyak racun yang berbeda ke dalam racun mereka dan meningkatkan jumlah gen yang terlibat dalam menghasilkan racun.

Sedangkan mamalia seperti tikus menghasilkan racun yang lebih sederhana yang memiliki kemiripan tinggi dengan air liur.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jelang Hari Buruh Sedunia, Polda DIY Serahkan Bantuan Sembako

Mata Indonesia, Yogyakarta – Memperingati Hari Buruh Sedunia, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., menyerahkan bantuan sembako kepada Koperasi Konsumen Persatuan Buruh DIY di Gedung Pertemuan Bumi Putera Yogyakarta, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Selasa (30/4/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini