Ikuti 6 Tips Ini Agar Kebocoran Data Pribadi Bisa Diantisipasi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kebocoran data pribadi 279 juta penduduk Indonesia di forum peretas Raid Forums membuat rasa khawatir semakin besar. Mengingat data pribadi yang bocor meliputi data-data penting seperti KTP, nomor telepon, e-mail, dan alamat.

Maka sudah sepatutnya masyarakat mewaspadai adanya praktik kejahatan tersebut dengan melakukan 6 langkah antisipasi.

Pertama, yaitu dengan rutin mengganti passoword pada akun aplikasi atau platform. Setidaknya, selama tiga bulan sekali memastikan informasi pribadi yang dimasukkan aman dari retasan. Kedua yakni dengan menggunakan dompet digital untuk menghindari penggunaan kartu kredit atau debit. Cara ini dinilai lebih aman untuk melindungi informasi data pribadi.

Ketiga, yaitu dengan menerapkan proteksi ganda pada informasi pribadi. Verifikasi dua langkah atau Two Factor authentication (2FA) yang ditawarkan pihak aplikasi bisa menjadi salah satu solusi untuk melindungi data pribadi.

Keempat, yaitu dengan menghindari penggunaan Wi-Fi pubik yang disediakan secara gratis. Sebaiknya, tetap menggunakan jaringan internet pribadi yang tersedia di dalam gawai pribadi.

Kelima, yaitu dengan memasang AntiVirus terbaru dalam gawai untuk mengantisipasi jika terdapat malware di dalamnya. Hal ini bertujuan untuk melindungi data pribadi. Terakhir, atau yang keenam adalah dengan menggunakan password yang berbeda-beda di masing-masing platform. Dalam hal ini, termasuk untuk e-commerce dan media sosial.

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini