Harus Tahu! Ternyata Ini, 4 Penyebab Masalah Keuangan dalam Rumah Tangga

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Keuangan seringkali menjadi faktor utama perceraian dalam rumah tangga.

Karena itu, tak khayal jika isu finansial ini menimbulkan perselisihan besar dalam sebuah keluarga. Namun, masalah ini juga bukan isu yang bisa dihindari begitu saja dalam sebuah rumah tangga.

Untuk itu, dibutuhkan keterbukaan antara pasangan mengatur keuangan keluarga. Berikut adalah beberapa penyebab masalah keuangan dalam rumah tangga yang harus dihindari.

Tidak Membuat Rencana Keuangan Bersama

Penyebab masalah keuangan dalam rumah tangga yang pertama adalah banyak pasangan yang tidak membuat rencana keuangan bersama.

Memiliki rencana keuangan bersama, tidak hanya membantu kamu dan pasangan untuk sama-sama memiliki tujuan.

Tetapi, dengan memiliki rencana keuangan bersama, kamu dan pasangan juga akan menjadi lebih harmonis.

Pendapatan yang Timpang

Penyebab masalah keuangan dalam rumah tangga yang selanjutnya adalah perihal pendapatan yang timpang. Terlebih jika istri memiliki pendapatan yang lebih besar daripada suami.

Alih-alih merasa terbantu, masih ada suami di luar sana yang merasa minder karena pendapatan istri lebih tinggi.

Memberatkan Gaya Hidup Masing-masing

Selanjutnya adalah memberatkan gaya hidup masing-masing ke pasangannya. Hal ini bisa saja terjadi, karena tidak ada komunikasi mengenai bagaimana kehidupan setelah menikah akan dijalani dan tujuan keuangan apa saja yang ingin dicapai.

Maka dari itu, komunikasi menjadi hal yang penting dalam kehidupan rumah tangga.

Sering Membandingkan Antara Suami Istri

Penyebab selanjutnya yaitu sering membandingkan antara suami dan istri. Jika kejadian ini berlanjut, maka pertengkaran menjadi tidak bisa dihindari.

Kita juga perlu paham bahwa setiap orang memiliki porsinya masing-masing, maka konsep secukupnya, mengerti peran masing-masing, bisa membuat kamu dan pasangan terhindar dari konflik ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Target Menang Pilkada, PPP Kota Jogja Gandeng Lima Parpol Bentuk Koalisi Besar

Mata Indonesia, Yogyakarta - DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Jogja telah memulai strategi mereka untuk menghadapi Pilkada 2024 yang akan digelar pada bulan November nanti. PPP berencana untuk membentuk koalisi dengan minimal lima partai untuk memenangkan Pilkada 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini