Harus Tahu, Manfaat Kangkung bagi Kesehatan dan Kecantikan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kangkung merupakan tumbuhan yang masuk ke dalam golongan sayuran yang dimanfaatkan sebagai bahan pangan.
Kangkung mudah ditemukan di pasar tradisional, supermarket hingga penjual sayur keliling.

Kangkung adalah tumbuhan dengan nama latin Ipomoea aquatia, memiliki batang berongga serta akar tunggang. Daun pada kangkung memiliki ujung yang tumpul serupa dengan dengan jantung hati.

Kangkung memiliki beberapa kandungan seperti protein, lemak, karbohidrat, serat, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi, air, antioksidan, flavonoid, polifenol dan vitamin E yang tinggi.

Oleh karena itu, kangkung memiliki beberapa manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh. Hal ini bukanlah rumor semata, namun sudah dibuktikan melalui beberapa penelitian. Berikut ini ulasan terkait manfaat kangkong bagi kesehatan maupun kecantikan:

  1. Mengurangi kolesterol
    Kangkung dapat bermanfaat untuk mengruangi kadar kolesterol secara alami. Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan oleh Nutritional Composition od Water Spinach pada tikus, hasilnya adalah mengonsumsi kangkung dapat menurutkan kadar kolesteroal serta triglikosida. Manfaat ini ada berkat kandung serat yang cukup tinggi pada tumbuhan kangkung.
  2. Mencegah anemia
    Anemia adalah penyakit kekurangan sel darah merah di dalam tubuh. Kangkung dapat dijadikan sebuah solusi guna mencegah terjadinya anemia. Kandungan fosfor dan zat besi di dalam kangkung dapat membantu dan mencegah terjadinya anemia. Kandungan ini berperan memberikan asupan oksigen dan zat gizi yang maksimal.
  3. Mengatasi penyakit kuning
    Mengonsumsi kangkung dapat mengatasi penyakit kuning. Kangkung dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan ayurvedic pada penyakit kuning dan masalah hati. Kangkung dapat memberikan perlindungan terhadap kerusakan hati yang disebabkan oleh berbagai macam bahan kimia.
  4. Mencegah dehidrasi
    Kandungan mineral yang tinggi pada kangkong membuat tumbuhan hijau ini berfungsi sebagai anti dehidrasi bagi tubuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan natrium dan kalium di dalam kangkung yang dapat menjaga keseimbangan cairan dan jumlah kadar elektrolit.
  5. Mencegah katarak
    Rajin mengonsumsi kangkung dapat mencegah penurunan fungsi mata. Kandungan vitamin A, karotenoid dan lutein membuat kangkung bisa mencegah terjadinya katarak pada mata.
    Bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan, kangkung juga bermanfaat bagi kecantikan. Jika mengkonsumsi kangkung secara reuting maka akan mendapatkan kulit yang indah dan cantik.

Reporter: Shafira Annisa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

KPU Sleman Gelar PSU pada 24 Februari 2024 di 11 TPS, PPS dan PPK Dipilih Ketat

Mata Indonesia, Sleman - KPU Sleman segera menyelenggarakan pemungutan suara ulang (PSU) dan pemungutan suara lanjutan (PSL) sesuai rekomendasi sebelumnya. Ada 11 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Bumi Sembada yang akan menjadi lokasi PSU dan PSL.
- Advertisement -

Baca berita yang ini