Harus Tahu, Kenali 5 Jenis Pelecehan Seksual

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTAPelecehan seksual merupakan sebuah tindakan kriminal. Tapi, masih ada yang tidak tahu jenis-jenis perilaku yang termasuk pelecehan.

Pelecehan seksual bisa terjadi kapan pun dan di mana pun, baik di kendaraan umum, di sekolah, di lingkup kerja, dan di tempat lainnya.

Namun beberapa dari mereka memilih untuk tidak memperpanjang hal ini karena berbagai hal, misalnya malu, tidak ingin memperpanjang masalah, merasa tidak enak dengan pelaku, atau bahkan kadang tidak mengetahui bahwa telah dilecehkan.

Berikut ini ada beberapa jenis-jenis pelecehan seksual yang wajib kamu ketahui:

1. Perilaku Menggoda

Perilaku menggoda sangat sering kita jumpai di manapun kita berada. Bahkan banyak sekali pelaku yang merasa bahwa perilaku ini dianggap sebagai sebuah ‘pujian’ bagi korban. Perilaku seperti ini disebut dengan catcalling. Kebiasaan ini sebenarnya sangat mengerikan.

2. Pelecehan Gender

Pelecehan ini jarang kita sadari. Pelecehan ini terjadi ketika salah satu gender mengkotak-kotakan lawan jenisnya dari segi apa pun. Secara tidak sadar, kejadian ini sering kali terjadi di kegiatan sehari-hari

3. Sentuhan yang Tidak Pantas

Nah, kamu harus berhati-hati mengenai hal ini. Tidak semua orang yang meras tidak nyaman disentuh akan langsung protes atau mengutarakannya. Contohnya ketika sedang berbincang, terkadang kamu tidak sadar menyentuh lawan bicara tanpa maksud apa-apa, bukan? Sentuhan di area tubuh yang sebenarnya sensitif seperti pundak, pinggang juga termasuk pelecehan seksual.

4. Penyuapan Seksual

Dalam kasus-kasus penyuapan seksual, pelaku menggunakan atau memanipulasi kekuatannya terhadap korban, sehingga korban akhirnya mau atau terpaksa mau melakukan keinginan pelaku.

5. Pemaksaan Seksual

Selanjutnya Ini terjadi ketika pelaku telah memaksa korban untuk melakukan tindakan seksual; di mana jika ditolak, pelaku mengancam akan melakukan sesuatu yang merugikan calon korban.

Reporter: Purwati Soleha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini