Harus Paham, Berikut Penyebab Bayi Terus Menangis

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bagi Anda yang baru dikaruniai buah hati, jangan khawatir ketika bayi Anda menangis. Ada banyak alasan mengapa bayi menangis, misalnya karena lapar, lelah, popok basah, popok yang belum diganti, atau cara bayi Anda menarik perhatian.

Melansir Times of India, berikut alasan umum mengapa bayi Anda tidak berhenti menangis.

Lapar

Lapar adalah salah satu alasan paling umum bayi Anda yang baru lahir menangis. Perut bayi kecil dan tidak bisa menahan banyak. Jadi, meskipun mereka baru saja diberi makan beberapa waktu yang lalu, mereka mungkin masih lapar.

Lelah

Jika bayi Anda kelelahan, mereka mungkin akan kesulitan untuk tidur. Kemudian bayi Anda akan merengek dan menangis.

Bayi Anda hanya ingin menangis

Bayi yang berusia kurang dari 5 bulan mungkin menangis pada waktu sore dan malam hari. Ini merupakan hal yang normal, tetapi terkadang bisa membuat stres. Menangis terus-menerus disebut kolik.

Popok yang butuh diganti

Popok yang basah atau kotor bisa mengganggunya. Kulit bayi yang lembut dan sensitif terasa teriritasi. Cobalah membuat jadwal untuk mengganti popok agar bayi Anda tetap merasa nyaman.

Membutuhkan pelukan

Bayi Anda mungkin membutuhkan banyak pelukan dan rasa aman. Usahakan agar bayi tetap dekat dengan Anda. Sambil memeluk dan mendekapnya, Anda bisa menyanyikan lagu untuknya.

Perlu bersendawa

Jika bayi Anda menangis setelah disusui, bisa jadi karena angin yang ia telan saat menyusu atau saat ia menangis. Tepuk atau gosok punggungnya secara perlahan untuk membuatnya bersendawa.

Ada terlalu banyak hal yang terjadi

Terlalu banyak perhatian dari orang-orang, terutama dari orang asing dapat merangsang bayi secara berlebihan. Bawa bayi Anda ke tempat yang tenang dan sunyi untuk menenangkannya.

Pada intinya, Anda harus memastikan lebih dulu apa yang membuat buah hati Anda tidak nyaman. Apakah ia sedang lapar? Popoknya basah? Atau ia mulai mengantuk?

Jika penyebab yang membuat bayi Anda tidak nyaman sudah diketahui, namun cara-cara menenangkan bayi di atas tidak efektif untuk membuat buah ahti Anda tenang, sebaiknya segera temui dokter anak. Terlebih jika ia menangis sebanyak 3 jam atau lebih dalam sehari, mengalami kejang, kulitnya membiru, muncul bintik-bintik, atau pucat.

Bawa juga buah hati Anda ke dokter jika tangisannya disertai demam, sesak napas, napas berbunyi, atau tidak mau menyusu. Hal tersebut mungkin menjadi pertanda bahwa bayi Anda sedang sakit.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini