Habis Makan Bikin Mengantuk, Mitos atau Fakta?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pernahkah kamu merasa mengantuk dan tak bergairah usai makan? Pastinya, banyak di antara kita yang sering mengalami hal tersebut.

Tapi, apakah benar usai makan bisa membuat mengantuk? Mitos atau fakta?

Dilansir dari akun TikTok, dr. Vivimamonto, ia menjawab apakah usai makan bisa bikin mengantuk. Dan jawabannya adalah fakta. dr. Vivimamonto pun menjelaskan alasannya.

Dari video yang ia buat, ia menjelaskan bahwa rasa kantuk yang terjadi karena aliran darah lebih dialihkan ke saluran pencernaan. Hal itu untuk mengolah dan menyerap energi serta nutrisi dari makanan.

Maka, hal ini membuat aliran darah ke otak lebih sedikit. Itu menyebabkan oksigen ke otak tak tercukupi dan membuat kamu mengantuk.

Sementara itu, dilansir dari Alodokter, rasa kantuk yang muncul sehabis makan dapat disebabkan oleh banyak faktor. Antara lain konsumsi makanan atau minuman tertentu dan gaya hidup atau kebiasaan yang sering dilakukan.

Asupan yang biasanya membuat ngantuk adalah kangkung, pisang, minuman beralkohol dan teh herbal.

Meski tidak berbahaya, mengantik usai makan tentu akan mengganggu aktivitasmu. Kinerjamu bisa menurun lantaran rasa kantuk yang melanda. Untuk itu, biasakan berolahraga, dan hindari mengonsumsi makanan yang bisa membuatmu semakin ngantuk ya!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini