Gaes, Simak Yuk 5 Cara Menghindari Pinjaman Online

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Maraknya pertumbuhan perusahaan teknologi finansial atau fintech membuat penyedia jasa pinjaman online (pinjol) menjamur. Hal ini dianggap sebagai solusi yang mudah untuk mendapat pundi-pundi saat situasi terdesak.

Namun, Anda harus waspada karena tidak semua perusahaan yang menyediakan aplikasi pinjol ternyata legal atau terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Apalagi, kini tengah ramai tentang penipuan pada pinjaman online yang membuat korban harus diteror debt collector. Salah satu korbannya ialah aktris, Nafa Urbach.

Lantas, bagaimana cara bijak untuk menghindari pinjaman online? Yuk simak!

  1. Hindari Iklan Abal-abal

Banyak dari korban pinjol illegal mengikuti pinjaman online dari pesan seperti ini. Sebaiknya, jangan tergiur ya!

Jika mencurigakan, segera laporkan nomor tersebut kepada pihak yang berwajib.

  1. Pastikan Legalitas dan Rekam Jejak Digital

Cek legalitas dan rekam jejak digital perusahaan pinjaman online tersebut untuk memastikan alamat kantor atau pengurus yang jelas.

  1. Hindari Peminjaman dengan Fee Besar

Hindari peminjaman dengan bunga atau fee besar. Jangan mudah terpengaruh dengan iklan aneh yang mengatasnamakan OJK atau fintech tertentu.

  1. Teliti Syarat Dan Ketentuan Berlaku

Beberapa pinjaman online melakukan pemerasan dengan secara tidak langsung. Wajib teliti dulu syarat dan ketentuan jangan sampai terjebak.

  1. Waspada Penyalahgunaan Data Pribadi

Hindari persyaratan pinjaman online yang meminta izin untuk mengakses kontak smartphone, foto kartu atm, sampai foto selfie memegang kartu identitas.

Waspada pada jebakan kemudahan dalam melakukan suatu pinjaman. Bijaklah dalam memilih jika ingin melakukan pinjaman online.

Jika perlu, catat nomor customer care dan nomor pengaduan dari OJK untuk berjaga-jaga jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Reporter : Nabila Kuntum Khaira Umma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Peningkatan Infrastruktur di Bali Bukti Komitmen Indonesia Siap Selenggarakan WWF 2024

World Water Forum Ke-10 di Bali pada 18-24 Mei 2024 diharapkan akan menghasilkan berbagai solusi masalah air termasuk sanitasi...
- Advertisement -

Baca berita yang ini