Gaes, Ini Bahaya Bekerja di Tempat Tidur dan Sofa!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sudah lebih dari setahun pandemi virus corona menyerang dunia. Demi menekan kasus virus corona, banyak perusahaan yang masih menerapkan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

Perlahan banyak dari kita yang mengubah pekerjaan dari rumah menjadi bekerja di tempat tidur atau sofa. Bekerja di atas tempat tidur sesekali sah-sah saja, tetapi mengubah tempat tidur dan sofa Anda secara permanen menjadi kantor rumah sementara dapat berdampak serius pada kesehatan mental dan fisik Anda!

Duduk dalam posisi yang sama sepanjang hari, tentu buruk bagi kesehatan. Ketika Anda bekerja di tempat tidur, itu dapat mengacak ritme otak Anda, sehingga membuat Anda terus menerus seperti berada di tempat kerja. Melansir Times of India, berikut lima bahaya bekerja di tempat tidur:

Kualitas tidur Anda akan menurun

Pikiran kita mengasosiasikan aktivitas tertentu dengan tempat-tempat tertentu dan ketika Anda mencampurnya, itu menjadi bingung dan menimbulkan masalah bagi Anda. Saat Anda bekerja, membaca atau menonton film sambil duduk di tempat tidur, itu mulai menghubungkan tempat tidur Anda dengan tempat kerja.

Aktivitas ini dikaitkan dengan terjaga, yang membingungkan pikiran, sehingga lebih sulit untuk tertidur di malam hari. Tempat tidur Anda hanya untuk tidur dan keintiman. Jadi, lebih baik pindahkan meja kerja Anda ke tempat lain.

Leher dan bahu Anda akan sakit

Bekerja dari tempat tidur membuat postur tubuh yang baik sangat sulit dipertahankan. Meskipun Anda sedang duduk di tempat tidur dengan kaki terlipat satu di atas yang lain, ketinggian monitor yang salah dan punggung yang melengkung dapat menyebabkan nyeri leher dan punggung.

Selain itu, Anda mungkin selalu tergoda untuk berbaring telentang, tengkurap, atau menyamping. Nyeri yang terus-menerus dan duduk dalam postur tubuh yang salah juga dapat menurunkan kualitas tidur dan dapat menyebabkan penyakit muskuloskeletal.

Mempengaruhi mood dan energi Anda

Kita sering memiliki kebiasaan menutup tirai dan jendela di kamar tidur kita agar lebih gelap dan tidur lebih nyenyak. Tetapi mengatasi suasana ini dapat memengaruhi suasana hati dan energi Anda.Sinar matahari adalah penguat suasana hati alami dan meningkatkan energi Anda.

Sementara pencahayaan redup di dalam ruangan membuat Anda merasa mengantuk, tegang mata, dan bahkan memengaruhi jam tubuh Anda. Anda harus selalu duduk di ruangan yang cukup terang di mana ada lebih banyak jendela.

Mengganggu produktivitas

Lingkungan kantor sebenarnya membantu Anda berkonsentrasi dan menjadi lebih produktif. Kebanyakan orang saat bekerja dari rumah bahkan tidak mandi di pagi hari dan hanya memakai piyama hampir sepanjang hari, yang memengaruhi produktivitas kerja. Duduk di tempat tidur atau sofa membuat Anda malas dan mengantuk. Anda juga kehilangan motivasi untuk bekerja dan mungkin tidak dapat memberikan yang terbaik.

Resiko menderita penyakit bisa meningkat

Duduk dalam waktu lama dengan posisi yang sama di tempat tidur atau sofa juga bisa berbahaya bagi kesehatan Anda secara keseluruhan. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology, mereka yang duduk lebih dari enam jam sehari rentan meninggal karena berbagai sebab, termasuk penyakit jantung, kanker, dan penyakit ginjal. Itu karena menjalani kehidupan yang tidak banyak bergerak membuat berat badan bertambah, dan menderita beberapa penyakit.

Menciptakan lingkungan kerja yang sehat

Virus corona masih bergentayangan di muka Bumi dan kita tak pernah tahu kapan virus itu benar-benar hilang. Artinya, Anda juga tak pernah tahu, kapan Anda akan kembali ke kantor dan bekerja seperti biasanya.

Untuk itu, Anda perlu menjaga keseimbangan kehidupan kerja yang sehat untuk meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan saat bekerja dari rumah.

  • Duduklah di depan meja dan usahakan agar layar laptop Anda tetap sejajar dengan mata.
  • Pastikan pergelangan tangan Anda lurus saat mengerjakan mengetik.
  • Ruangan tempat Anda bekerja harus memiliki penerangan yang baik dan coba letakkan meja Anda di sebelah jendela untuk mendapatkan cahaya alami.
  • Beristirahatlah secara teratur atau pandangan menjauh dari layar setelah setiap 20 menit.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini