Enak! Makanan Ini Bikin Kamu Tetap Sehat di Musim Hujan Lho!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Memasuki musim hujan, ada saja berbagai penyakit yang menghantui masyarakat. Cuaca yang dingin bisa membuat kita mudah terkena flu, apalagi jika imunitas sedang terganggu.

Meski begitu, kamu bisa tetap sehat dan bugar dengan rajin mengonsumsi makanan yang bergizi. Gak cuma asal enak, tapi juga yang menyehatkan.

Nah, penasaran makanan apa saja yang bisa bikin kamu tetap sehat saat musim hujan? Yuk simak!

  1. Protein Nabati

Asupan pertama ialah protein nabati. Protein tersebut bisa didapat dari sayur-sayuran segar.

Sayuran kaya protein membantu meningkatkan kekebalan selama musim hujan. Hal ini untuk membantu melindungi dari pilek dan flu, sekaligus memberi kehangatan. Beberapa contoh protein nabati antara lain, lobak, wortel, dan bayam.

2. Kacang

Selanjutnya ada kacang-kacangan. Makanan jenis ini juga memiliki manfaat sehat untuk tubuh, terlebih di musim hujan.

Kacang merupakan makanan padat nutrisi dengan banyak senyawa bioaktif. Kacang juga mengandung senyawa fenolik, protein berkualitas tinggi, fitosterol dan serat yang membantu mengurangi kejadian peradangan, kolesterol tinggi, kanker dan banyak penyakit lainnya.

3. Vitamin C

Siapa yang masih melewatkan vitamin C di musim hujan? Ada baiknya perbanyakan asupan dengan kandungan vitamin ini ya.

Vitamin esensial ini memiliki peran besar dalam mencegah penyakit pernapasan seperti asma dan mengi pada anak-anak, yang lebih sering terjadi selama musim penghujan. Beberapa contoh buah dan sayuran bervitamin C antara lain, jeruk, bayam, kentang, dan brokoli.

4. Makanan Omega 3

Satu lagi makanan yang cocok di nusim hujan ialah makanan omega 3. Banyak penelitian juga menunjukkan manfaat asam lemak omega-3 dalam mencegah timbulnya pilek, batuk, dan asma selama musim dingin. Contoh makanan yang kaya omega-3 antara lain, ikan salmon, dan tuna.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini