Donor Darah Banyak Manfaatnya Bagi Kesehatan, Ini Buktinya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Donor darah merupakan salah satu tindakan yang mulia karena bisa menyelamatkan nyawa banyak orang. Selain bisa membantu orang lain, aktivitas donor darah ternyata bisa bermanfaat untuk kesehatan.

Mengutip dari Medical News Today, terdapat 5 manfaat aktivitas donor darah. Pertama, donor darah bisa membantu mengidentifikasi masalah kesehatan yang belum diketahui. Mengingat, sebelum mendonorkan darah setiap orang akan menjalani pemeriksaan fisik dengan mengecek tekanan darah, suhu tubuh, detak jantung, dan kadar hemoglobin dalam darah.

Kedua, aktivitas donor darah membuat setiap orang rutin mengukur berat badannya sehingga hal ini membuat orang bisa mengidentifikasi potensi obesitas.

Ketiga, yaitu donor darah bisa membantu penderita hemochromatosis atau terlalu banyak zat besi di dalam darah. Menurut Center for Disease and Prevention Control (CDC) penderita hemochromatosis bisa mendapatkan keuntungan dari proses mengeluarkan darah, layaknya saat melakukan donor darah. Maka, bagi penderita hemochromatosis, aktivitas donor darah bisa menjadi pilihan pengobatan.

Keempat, aktivitas donor darah bisa menjadi perlindungan jangka panjang melawan penyakit kardiovaskular. Hal ini berdasarkan penelitian pada tahun 2019 yang melibatkan 160 ribu perempuan yang mendonorkan darahnya selama 10 tahun atau lebih.

Terakhir, yaitu donor darah dinilai bisa menurunkan tekanan darah. Jika donor darah dilakukan dengan rutin maka kemungkinan penurunan tekanan darah bisa dialami secara signifikan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini