Ditanya ‘Kapan Nikah’ Saat Lebaran? Begini Tips Jitu Menjawabnya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Hari Raya Idul Fitri tinggal menghitung hari. Pada saat momen lebaran berkumpul bersama keluarga dan kerabat dekat, biasanya pertanyaan pribadi seperti ‘Kapan Nikah’ dilontarkan.

Pertanyaan tersebut seringnya ditujukan untuk sanak saudara yang masih melajang. Bagi sebagian orang terasa biasa dan dianggap basa-basi untuk memulai obrolan. Namun, tak sedikit orang yang merasa risih dan bikin tidak nyaman.

Nah, sekarang gak perlu lagi takut untuk menjawabnya. Berikut tips jitu menghadapi pertanyaan ‘Kapan Nikah’ saat lebaran.

1. Jawab dengan Humor

Tidak harus serius menjawab pertanyaan kapan nikah, pertanyaan ini bisa ditanggapi dengan lelucon misalnya “Kalau nggak Sabtu, ya Minggu”. Karena biasanya resepsi pernikahan diadakan antara hari Sabtu dan Minggu.

Atau bisa mengajukan pertanyaan balik “Berani kasih amplop berapa emangnya?”.

2 Fokus Pendidikan atau Kerja

Jika saat ini kamu masih kuliah atau bekerja, jawablah pertanyaan itu seperti ini “Saya sedang mengejar pendidikan atau karir saat ini, agar kelak dapat memastikan kehidupan anak-anak saya berkecukupan”.

3. Jawab dengan Bijak

Saat mendapat pertanyaan seperti itu, tak ada salahnya untuk bersikap tegas. Jawab saja secara sok bijak seperti “Sesuai dengan janji Allah. Setiap manusia diciptakan berpasang-pasangan, jadi tak perlu khawatir karena jodoh akan datang nantipada waktunya”.

Dengan jawab seperti itu, dijamin keluarga yang bertanya akan sungkan untuk bertanya lagi.

4. Senyumin Aja

Kalau sedang malas menanggapi pertanyaan klasik kapan nikahdan membuat kamu merasa tidak nyaman, berilah jawaban dengan senyuman termanis kamu. Pasti yang bertanya bingung untuk membalasnya.

5. Minta Doa

Cara yang paling mudah untuk menjawab, bisa dengan kalimat seperti ini “Insya Allah, doain aja ya”.

Sekarang gak perlu lagi takut menjawab pertanyaan ‘Kapan Nikah’ saat lebaran. Jangan sampai pertanyaan seperti itu merusak suasana hati ditengah perayaan lebaran nanti, ya. Selamat mencoba!

Reporter: Dhea Salsabila

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini