Dicoba Gaes! Ini Cara Jitu Berhemat untuk Modal Liburan Panjang

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Memasuki akhir tahun, akan banyak perayaan yang berujung pada liburan panjang. Mulai dari Natal hingga tahun baru. Tentu kamu sudah tak sabar untuk menikmati masa liburan, bukan?

Sayangnya, memasuki libur panjang, biaya wisata maupun tiket pesawat melonjak sangat tinggi. Biayanya menjadi sangat mahal sehingga kamu harus menyiapkan uang ekstra untuk bisa berlibur bersama orang terkasih.

Tenang gaes, masih ada waktu kok untuk menabung dan menyisihkan uang sebagai modal liburan panjangmu. Biar kamu tetap bisa berlibur, yuk simak cara berhemat di bawah ini agar destinasi wisata yang kamu inginkan bisa kamu kunjungi.

1. Membawa Bekal dari Rumah

Menjelang libur panjang, kamu tentu masih bekerja dan memerlukan makan siang. Ada baiknya, kamu membawa bekal dari rumah ya. Hal ini sangat membantu mengurangi jajan di kantor yang harganya gak murah.

Maka, biar niat menabungmu sukses, mulailah dengan membawa bekal setiap ke kantor atau ke kampus ya!

2. Buat Aturan

Selain membawa bekal saat beraktivitas di luar, kamu juga perlu membuat aturan untuk dirimu sendiri agar lebih disiplin dalam mengelola pengeluaran. Misalnya, buatlah daftar makanan atau minuman yang sebaiknya tidak kamu beli karena harganya yang lumayan mahal.

Buat catatan tersebut di dalam notes ponselmu dan jadikanlah wallpaper. Hal tersebut terbilang cukup ampuh untuk membuatmu disiplin dalam mengelola pengeluaran.

3. Bawa Uang Pas

Cara jitu selanjutnya ialah membawa uang pas saat kamu berpergian. Biar aman, kamu bisa hitung dan perkirakan terlebih dahulu mulai dari ongkos hingga kebutuhanmu di sana.

Setelah dihitung dan dipastikan, bawalah uang tunai secukupnya. Sebab, jika membawa uang lebih, kamu akan tersugesti untuk membeli beberapa barang yang sebenarnya gak butuh-butuh amat.

4. Hindari Nyemil

Meski terkesan ringan, keseringan nyemil akan membuatmu mencari snack ataupun jajanan di pinggir jalan. Hal ini bisa berakibat buruk pada kondisi keuanganmu.

Maka, cara yang paling jitu adalah membuat perutmu kenyang saat makan pagi dan makan siang ya gaes. Dengan begitu, kamu jadi tak ada waktu untuk membeli cemilan yang bisa membuat boros pengeluaranmu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini