Deretan Makan untuk Kesehatan Usus

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Usus yang sehat mutlak diperlukan untuk menjaga kelancaran pencernaan dan kesehatan secara keseluruhan. Melansir dari dlmag.com, berikut adalah beberapa makanan prebiotik terbaik untuk usus yang sehat yaitu :

Apel
Satu apel sehari dapat menghindarkan dari penyakit. Apel adalah sumber pektin prebiotik yang baik yang memberi makan bakteri usus penghasil butirat usus. Selain itu, buah ini kaya akan antioksidan, polifenol dan pektin yang juga meningkatkan metabolisme dan mengatur kolesterol.

Biji Cokelat
Kakao adalah favorit di antara semua kelompok umur dan merupakan prebiotik yang sangat berharga untuk usus Anda. Biji kakao adalah biji dari pohon kakao Theobroma dan rasanya enak dan sehat. Anda bisa mengkonsumsi jenis dark chocolate yang setidaknya 70 persen kakao untuk manfaatnya dan juga bisa mengkonsumsi coklat bubuk asli.

Bawang Bombay dan Daun Bawang
Bawang dan daun bawang berasal dari keluarga yang sama dan padat nutrisi. Keduanya adalah aromatik yang kaya inulin ramah usus dan dapat dinikmati mentah atau dimasak. Bawang memiliki banyak antioksidan dan prebiotik di dalamnya membantu dalam pemecahan cepat komponen makanan. Bawang bisa meningkatkan sistem kekebalan Anda dengan meningkatkan produksi oksida nitrat dalam sel.

Jelai atau barley
Biji-bijian sereal ini kaya akan beta-glukan, serat prebiotik yang meningkatkan pertumbuhan probiotik di usus Anda. Jelai menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Makanan ini kaya akan selenium, yang membantu fungsi tiroid, memberikan manfaat antioksidan dan meningkatkan sistem kekebalan Anda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini