Deretan Istilah dalam Perayaan Paskah Umat Katolik

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Hari raya paskah di tahun 2020 ini terasa lain. Akibat pandemi corona (covid-19), semua rangkaian ibadah digelar secara online. Baik secara streaming ataupun di televisi sesuai instruksi dari pemerintah untuk beribadah dari rumah.

Nah, jelang hari Raya Paskah, ada beberapa perayaan yang biasanya dijalani umat Kristiani. Mulai dari Rabu Abu, Minggu Palma, Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci hingga perayaan puncak yakni Minggu Paskah. Perayaan ini juga dikenal dengan istilah masa Prapaskah.

Berdasarkan fakta sejarah, masa Prapaskah pertama kali dilakukan pada abad ke-6. Namun, pada saat itu belum ditetapkan sebagai “Rabu Abu” sebagai awal mula masa prapaskah.

Gereja memilih hari Rabu karena menurut tradisi, pengkhianatan Yudas Iskariot kepada Yesus terjadi pada hari tersebut. Kemudian pada hari Jumat, Yesus Kristus (Isa Almasih) wafat dan disalibkan.

Untuk mengetahui lebih lanjut makna dari masa Prapaskah, berikut ulasannya.

Rabu Abu

Rabu abu menjadi awal masa prapaskah. Di mana umat Krisriani menjalankan puasa dan pantang selama 40 hari . Momen ini ditandai dengan abu yang berasal dari daun palma kering tahun lalu yang sudah diberkati. Abu menjadi simbol eksistensi manusia. Manusia berasal dari abu dan akan kembali menjadi abu.

Minggu Palma

Minggu Palma adalah awal dari pekan suci dan sering diidentikkan dengan peristiwa penyambutan Yesus di Yerusalem. Pada masa itu, Yesus diarak berkeliling dengan menaiki keledai, dan umat menggunakan daun palma untuk menyambutnya. Peringatan ini ditandai dengan perarakan menggunakan daun palma dan pembacaan Injil tentang kisah sengsara Yesus.

Kamis Putih

Kamis putih adalah awal dari tri hari suci. Hari ini juga menjadi momen peringatan perjamuan malam terakhir Yesus bersama kedua belas rasulnya. Ditandai dengan upacara pembasuhan kaki sebagai simbol kesederhanaan, kebersamaan, kerendahan hati dan kerelaan untuk menjadi pemimpin yang berjiwa pelayan. Ada juga tuguran sebagai simbol berjaga-jaga.

Jumat Agung

Jumat Agung merupakan peringatan untuk mengenang peristiwa Yesus wafat di kayu salib. Peringatan ini biasanya diwarnai ibadat jalan salib. Ada juga upacara penghormatan salib sebagai pengingat Yesus. Sang Putra Allah yang rela mati untuk menebus dosa umat manusia.

Sabtu Suci

Sabtu Suci biasa juga disebut Malam Paskah. Ini merupakan momen untuk memperingati kebangkitan Yesus setelah tiga hari wafat. Simbolnya adalah upacara cahaya menggunakan lilin. Lalu ada juga liturgi baptis sebagai tanda pembaharuan janji baptis dan awal hidup baru.

Minggu Paskah

Minggu Paskah adalah perayaan kebangkitan Yesus. Kebangkitan-Nya menyimbolkan bahwa setelah rangkaian penderitaan datang mendera, akhirnya terbit kehidupan baru.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Kehadiran Aparat Keamanan DemiLindungi Masyarakat dari OPM

Keberadaan aparat keamanan di Papua tidak lain adalah upaya untuk melindungi masyarakat Bumi Cenderawasih dari kekerasan Organisasi Papua Merdeka...
- Advertisement -

Baca berita yang ini