Coba Yuk! Ini Manfaat dan Tips Solo Traveling

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Siapa yang belum pernah coba solo traveling? Yup, liburan seorang diri ini kadang masih dianggap tabu bagi masyarakat.

Pasalnya, kamu benar-benar berpergian sendirian tanpa teman maupun keluarga. Meski terdengar menyeramkan, solo traveling punya banyak manfaatnya lho!

Nah, buat kamu yang berniat dan ingin tahu manfaat dari solo travelin, yuk simak tipsnya di bawah ini!

Manfaat Solo Traveling

  1. Mengurangi Kontak dengan Orang Lain

Di masa pandemi Covid-19, tentu kita berusaha untuk menjaga jarak dengan orang lain. Nah, ide solo traveling ini cocok untuk kamu lakukan.

Selain menenangkan, manfaat solo traveling juga sangat baik untuk mengurangi kamu terpapar Covid-19.

2. Kebebasan

Selanjutnya kebabasan. Dengan liburan sendiri kamu bisa merasakan kebebasan seutuhnya lho!

Sebab, kamu bisa menuju destinasi mana pun yang kamu inginkan, tanpa perlu memikirkan partner liburanmu.

3. Mengurangi Stres

Saat pergi sendirian, kamu punya banyak waktu luang untuk menenangkan diri. Kamu juga bisa memanfaatkan ini untuk merenung dan melepas penat setelah lelah bekerja.

4. Lebih Mandiri

Satu lagi manfaat solo travel ialah lebih mandiri. Kemandirian ini akan membantumu untuk tidak bergantung pada orang lain lagi.

Kamu juga mampu melakukan semua hal seorang diri sehingga di masa depan kamu tidak perlu terlalu bergantung pada orang lain lagi.

Tips Solo Traveling

1. Kurangi Interaksi dengan Orang Lain

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan saat solo traveling ialah mengurangi interaksi dengan orang lain. Jika kamu tipe orang yang senang berkomunikasi dengan orang asing dan berbagi pengalaman, lebih baik dikurangi dulu deh.

Pandemi Covid-19 yang ditularkan dari manusia ke manusia menuntut dirimu meminimalisir interaksi dengan orang, terlebih dengan orang yang tidak kamu kenal. Jadi, jika memang harus berinteraksi dengan orang asing, lakukan seperlunya saja ya.

2. Jaga Kebersihan Tangan

Menjaga kebersihan tangan tentu menjadi keharusan saat sedang liburan. Kamu bisa menjaga kebersihan tangan dengan selalu mencucinya atau membawa hand sanitizer menjadi standar protokol kesehatan diri sendiri selama masa pandemi.

Pastikan tanganmu sudah bersih sebelum, selama dan sesudah liburan. Selain melindungi diri sendiri, hal ini berarti kamu sudah ikut berpartisipasi untuk melindungi orang lain.

3. Jaga Jarak

Selain menjaga kebersihan tangan, menjaga jarak tentu tak boleh dilupakan. Sebab, aktivitas liburan biasanya membuat dirimu lebih dekat dengan orang, contohnya kedekatan fisik pada saat kegiatan outdoor maupun indoor.

Namun, hal-hal seperti ini tidak bisa lagi dilakukan selama pandemi. Mulai dari berangkat liburan ke destinasi wisata naik mobil pribadi atau transportasi umum, sebaiknya kamu tetap menjaga jarak dengan orang lain ya!

4. Membawa Tas Berisi Peralatan Kebersihan

Sudah menjadi kewajiban dan keharusan untuk selalu membawa peralatan kesehatan dan kebersihan saat berada di luar rumah, apalagi saat berlibur.

Pastikan kamu menyiapkan satu kotak atau pouchtersendiri untuk barang-barang seperti tisu basah, sabun, hand sanitizer dan masker. Hal ini untuk menjaga diri agar tetap bersih, sehat, dan nyaman selama berlibur. Caranya dengan membawa satu tas kecil berisi barang protokol kesehatan.

Jangan lupa untuk periksa kembali dan jangan sampai ada yang tertinggal ya!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antisipasi Konvoi Kelulusan Pelajar, Polres Bantul Bakal Gelar Patroli

Mata Indonesia, Yogyakarta - Pengumuman kelulusan SMA, SMALB dan SMK akan dilaksanakan Rabu (7/5/2024). Polres Bantul mengimbau agar para pelajar tidak melakukan konvoi. "Kami mengimbau para siswa tidak melakukan konvoi yang dapat menggangu ketertiban umum dan masyarakat pengguna jalan," kata Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana S.Sn, Minggu (5/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini