Catat, Berikut Cara Memutihkan Gigi Secara Alami dan Mudah!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Setiap orang pasti ingin memiliki gigi yang putih dan bersih. Selain karena alasan kesehatan, memiliki gigi yang putih juga dipercaya dapat menambah kecantikan.

Selain itu, memiliki barisan gigi putih dan bersih dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang saat tersenyum maupun tertawa. Tak heran, berbagai macam cara dilakukan seseorang untuk mendapatkan gigi putih dan bersih.

Warna gigi yang kekuningan ataupun noda abu-abu dapat timbul seiring dengan penambahan usia. Selain itu, asupan makanan tertentu juga dapat mengubah warna gigi putih yang sebelumnya Anda miliki.

Salah satu cara yang paling umum digunakan untuk memutihkan gigi ialah alat penyinar, gel, strip, dan pasta gigi. Beberapa produk kimia tersebut mengandung zat-zat tertentu yang memiliki risiko menimbulkan beberapa gangguan tertentu.

Untuk itu, sebelum menggunakan produk tersebut sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan para ahli. Tapi ternyata, banyak pula cara alami yang dapat dilakukan untuk memutihkan gigi tanpa harus khawatir terkena risiko gangguan pada gigi. Lantas, bagaimana cara memutihkan gigi secara alami? Yuk simak penjelasannya.

1. Daun Sirih

Cara memutihkan gigi dengan cepat yang pertama adalah menggunakan daun sirih. Sudah sejak lama daun sirih berfungsi efektif dalam membersihkan gigi. Selain itu, beberapa kandungan daun sirih juga berperan penting untuk menurunkan risiko gigi berlubang.

Cara mendapatkan khasiat dari daun sirih cukup mudah, Anda hanya perlu mengunyah beberapa lembar daun sirih. Selain itu, daun sirih juga dapat Anda tumbuk, lalu oleskan di area gigi hingga rata.

2. Daun Salam

Sejak lama daun salam dikenal mampu membersihkan dan memutihkan gigi secara alami. Beberapa kandungan yang terdapat pada daun salam mampu dan mencegah akumulasi rongga.

Cara mendapatkan khasiatnya cukup mudah, tumbuk daun salam hingga halus, kemudian gunakan bubuk daun salam sebagai pasta untuk menyikat gigi.

  • Siwak

Cara memutihkan gigi dengan cepat secara alami lainnya, yaitu dengan menggunakan siwak. Sejak dulu siwak sudah dikenal sebagai obat herbal yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mulut dan membersihkan gigi.

Siwak dipercaya mengandung beberapa zat alami yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri, mencegah gigi berlubang, dan mengikis plak. Cara menggunakan siwak untuk membersihkan gigi cukup mudah, tumbuk siwak hingga halus, kemudian campur dengan sedikit air sampai berbentuk pasta. Setelah itu, oleskan siwak yang telah berbentuk pasta tersebut ke area gigi hingga merata.

4. Menjaga kebersihan gigi dan mulut

Menyikat gigi minimal dua kali sehari setelah makan merupakan salah satu cara memutihkan gigi yang sederhana. Menyikat gigi akan mencegah menempelnya noda dan menghilangkan plak pada gigi. Lengkapi dengan membersihkan sisa-sisa makanan dengan benang gigi (dental floss) dan obat kumur setiap hari. Perlu diingat untuk tidak menyikat gigi segera setelah mengonsumsi makanan atau minuman asam, sebab hal tersebut dapat melemahkan dan menghilangkan enamel atau email gigi.

5. Memakai bahan alami yang dapat ditemukan di rumah

Baking soda banyak dimanfaatkan sebagai cara memutihkan gigi secara alami. Salah satunya dengan menggosok gigi menggunakan pasta baking soda. Cara membuat pasta baking soda yaitu dengan mencampurkan satu sendok teh baking soda dan dua sendok teh air. Gunakan beberapa kali dalam satu pekan. Selain itu, Anda juga bisa memutihkan gigi dengan menggunakan cuka apel. Kandungan asam asetat yang terdapat dalam cuka apel mampu membunuh bakteri, membersihkan mulut, dan memutihkan gigi Anda.

6. Memanfaatkan asam malat dari buah-buahan

Asam malat merupakan salah satu zat alami yang banyak digunakan sebagai cara memutihkan gigi secara alami. Apel dan stroberi merupakan dua jenis buah yang banyak mengandung asam malat. Untuk membuat pasta stroberi, campurkan buah stroberi yang dihancurkan dengan baking soda. Meski demikian, jangan terlalu sering menyikat gigi dengan pasta ini. Asam sitrat dalam stroberi memiliki potensi merusak enamel gigi.

7. Menerapkan pola makan sehat

Hindari makanan manis yang lengket. Perbanyak makanan segar, terutama buah dan sayuran. Beberapa pilihan makanan yang baik untuk menjaga penampilan gigi adalah keju, susu, sayuran hijau seperti bayam dan brokoli, dan kacang-kacangan. Makanan yang banyak mengandung serat akan meningkatkan produksi air liur, yang dapat menghilangkan zat-zat yang merusak gigi. Sebaliknya, kurangi asupan makanan yang tinggi asam sitrat seperti jeruk dan lemon  untuk mencegah kerusakan enamel gigi.

8. Membatasi minum teh, kopi dan soda

Lapisan terluar gigi, yaitu enamel, akan menipis seiring usia. Sehingga lapisan selanjutnya, yaitu dentin, akan tampak lebih kuning. Penting untuk membatasi minuman yang dapat meninggalkan noda di gigi, seperti teh, kopi, dan soda, agar gigi tetap putih. Jika minuman atau makanan dapat menempel di baju putih Anda dan membuat bercak, maka dapat menempel dan membekas juga di gigi.

9. Berhenti merokok

Tembakau pada rokok merupakan salah satu noda pada gigi yang sulit dibersihkan. Noda tersebut akan menembus enamel gigi. Semakin lama seseorang merokok, maka noda tembakau akan masuk semakin dalam, sehingga dapat menyebabkan radang gusi, bau mulut, hingga kanker.

Jika cara alami dalam memutihkan gigi seperti penjelasan diatas tidak berpengaruh atau tidak memuaskan. Kalian harus berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mendapatkan pemeriksaan gigi yang tepat ya!

Reporter : Syifa Ayuni Qotrunnada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini