Cara Tulus dan Efektif untuk Meminta Maaf

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Apa yang terlintas di benak Anda ketika bertengkar? Meminta maaf? Atau justru gengsi mengucapkan empat kata tersebut? Meminta maaf sejatinya merupakan cara ampuh untuk meredakan pertengkaran.

Dan kata maaf – yang simple namun sulit untuk diucapkan, dapat menenangkan hati dan pikiran. Melansir Times of India, berikut beberapa cara untuk meminta maaf kepada seseorang yang telah Anda sakiti.

Dengarkan, sebelum Anda mengambil langkah

Terburu-buru untuk meminta maaf, jelas tidak akan masuk akal bagi orang lain karena Anda mungkin belum berusaha untuk memahami kesalahan Anda. Dan orang tersebut juga bisa beranggapan bahwa Anda tidak sungguh-sungguh meminta maaf.

Jika Anda berada di posisi ini, tanyakan dengan tenang kepada orang tersebut apa yang dia rasakan dan biarkan dia memberi tahu kesalahan Anda tanpa merasa tersinggung. Dengan cara ini, Anda bisa membuat permintaan maaf Anda lebih tulus setelah menyadari kesalahan Anda.

Siapkan permintaan maaf sebelumnya

Setiap orang pasti tidak ingin menyakiti orang lain. Faktanya, akan selalu ada masalah yang harus Anda hadapi. Permintaan maaf yang dadakan dan impulsif mungkin berhasil dalam beberapa situasi, tetapi terkadang, Anda harus merencanakan strategi permintaan maaf Anda sebelumnya. Jika Anda mengirim pesan singkat ke orang itu, tulis dan baca berulang kali.

Bersikap spesifik saat meminta maaf

Jika Anda menyesal, maka jangan hanya mengucapkan ‘maaf’. Katakan mengapa Anda melakukan tindakan atau alasan tersebut. Namun, jika Anda merasa tidak bersalah, akui dengan jujur, daripada membuat permintaan maaf yang tidak perlu. Selanjutnya, Anda juga dapat menjelaskan bagaimana Anda berencana untuk memperbaiki kesalahan tersebut di masa depan.

Jangan fokus pada emosi

Saat meminta maaf, lupakan masa lalu dan jangan emosi! Sebab hal ini bisa memperburuk keadaan. Anda harus bertanggung jawab atas rasa sakit yang telah Anda lakukan terhadap orang lain. Jika Anda meminta maaf, pastikan Anda tidak memasukkan emosi Anda ke dalam permasalahan.

Tindakan Anda berbicara lebih keras daripada kata-kata

Terkadang, tindakan lebih baik daripada sekadar ucapan maaf. Permintaan maaf secara verbal memang sangat berarti, tetapi beberapa tindakan dapat memperkuat ikatan persahabatan atau cinta. Tindakan seperti, menawarkan solusi alternatif atau kompensasi untuk kesalahan Anda dapat membuat orang lain merasa bahwa Anda sangat ingin meminta maaf dan berbaikan.

Bersabar

Jika luka yang ditimbulkan sangat besar, kemungkinan besar Anda tidak segera mendapatkan pengampunan atau kata maaf dari orang yang Anda sakiti hatinya. Anda harus tulus dalam meminta maaf dan tetap membuka hati, jika orang lain membutuhkan waktu untuk kembali kepada Anda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini