Home Gaya Hidup Cara Menghentikan Pikiran yang Buat Kamu Susah Tidur Sepanjang Malam

Cara Menghentikan Pikiran yang Buat Kamu Susah Tidur Sepanjang Malam

0
103
Hindari 5 Hal Ini agar Kualitas Tidur Tetap Terjaga
Tidur lebih awal menjaga tubuh lebih fit untuk bangun saat sahur. (Instagram @denpasar.viral)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Beberapa dari Kamu mungkin ada yang mengalami kesulitan tidur karena terus memikirkan sesuatu. Rasanya, Kamu jadi sulit untuk terlelap meski kamu sudah memjamkan mata cukup lama.

Jangan khawatir, ada cara untuk mendapatkan kembali tidur nyenyak Kamu. Berikut tip dan trik yang dapat membantu Kamu menjinakkan pikiran dan tertidur lebih cepat:

– Fokuslah di sini dan saat ini.

Pikiran yang tidak membiarkan kita tertidur sering kali terhubung dengan masa lalu atau masa depan. Kami khawatir tentang apa yang mungkin terjadi, atau menyesal melakukan atau tidak melakukan sesuatu di masa lalu. Jika ini yang terjadi pada Kamu, cobalah fokus pada apa yang sedang terjadi di sini, sekarang juga.

Meskipun kita tidak dapat mengubah masa lalu, juga tidak dapat memprediksi masa depan, saat ini adalah sesuatu yang dapat kita kendalikan, dan perubahan fokus ini dapat memberi kita relaksasi yang dibutuhkan otak kita.

– Tinggalkan perangkat elektronik Kamu.

Menggunakan ponsel, laptop, dan tablet sebelum tidur dapat meningkatkan tingkat kecemasan dan stres, terutama jika Kamu membaca atau menonton berita atau hal lain yang membuat Kamu khawatir atau membuat otak Kamu sibuk. Selain itu, cahaya dari perangkat elektronik ini berdampak buruk pada produksi melatonin dalam tubuh Kamu, membuat tidur semakin sulit.

– Alihkan perhatian Kamu.

Sekarang setelah Kamu menyingkirkan gadget, Kamu dapat memikirkan beberapa alternatif yang lebih sehat. Kamu dapat mencoba hobi yang menenangkan atau aktivitas santai yang paling cocok untuk Kamu, seperti membaca, menggunakan buku mewarnai, mendengarkan musik, berjalan-jalan, memasak dan masih banyak lagi.

Saat Kamu tidak bisa tidur karena pikiran berpacu, melakukan aktivitas santai akan membantu Kamu mengalihkan fokus dari pikiran tersebut dan fakta bahwa Kamu tidak bisa tidur ke sesuatu yang lebih menyenangkan.

– Jadwalkan waktu tertentu untuk mengkhawatirkan.

Sama seperti Kamu menjadwalkan waktu untuk berbelanja, bertemu dengan teman, atau melakukan pekerjaan rumah tangga, Kamu dapat mencoba merencanakan 15 hingga 30 menit dalam sehari untuk mengatasi kekhawatiran Kamu. Luangkan waktu ini untuk pikiran-pikiran yang mengganggu Kamu dan, kemungkinan besar, mereka tidak akan muncul lagi nanti di malam hari.

Selama “waktu mengkhawatirkan” ini, tuliskan pikiran stres Kamu di atas kertas dan pikirkan beberapa langkah praktis yang dapat Kamu ambil untuk mengatasi masalah yang membuat Kamu khawatir. Bersikaplah gigih dan cobalah menjadikan teknik ini sebagai bagian dari rutinitas Kamu untuk mencapai hasil yang lebih baik.

– Hirup aroma minyak esensial lavender.

Aromaterapi bisa digunakan untuk menghilangkan stres, relaksasi, dan tidur yang lebih baik. Kamu bisa menaburkan beberapa tetes di atas handuk atau kain, atau menambahkan sedikit minyak ke bak mandi Kamu. Minyak atsiri dapat menyebabkan reaksi alergi, jadi berhati-hatilah saat menggunakannya.

– Cobalah teknik relaksasi otot.

Kamu bisa menggunakan teknik relaksasi ini tepat di tempat tidur Kamu. Satu per satu, regangkan dan kendurkan otot Kamu, bergerak dari jari kaki ke kepala. Latihan ini akan membantu Kamu mengendurkan otot-otot yang tegang dan memaksa Kamu untuk fokus pada bagian-bagian tubuh ini, yang akan mengalihkan perhatian Kamu dari segala pikiran yang berlomba.

– Jangan memaksakan diri untuk tertidur.

Daripada mencoba dan gagal tidur, bangunlah dari tempat tidur dan lakukan sesuatu. Minumlah teh, baca buku, atau tulis di jurnal Kamu, dan kembalilah ke tempat tidur ketika Kamu mulai merasa mengantuk. Tetap di tempat tidur dan memaksakan diri untuk tidur dapat membuat otak Kamu mengasosiasikan tempat tidur dengan insomnia dan kekhawatiran, mengubah kamar tidur Kamu menjadi tempat sulit untuk tidur.

– Menyalakan TV.

Kami tahu bahwa kami telah merekomendasikan untuk menyingkirkan semua gadget Kamu sebelum waktu tidur, tetapi jika tidak ada yang membantu, acara TV favorit Kamu dapat berfungsi sebagai pengalih perhatian yang sangat dibutuhkan otak Kamu. Cahaya yang dipancarkan TV lebih jauh dari mata Kamu daripada cahaya yang berasal dari ponsel Kamu, jadi kurang berbahaya bagi kebersihan tidur Kamu. Faktanya, banyak dari kita dapat dengan mudah tertidur hanya dengan mendengarkan TV dengan mata tertutup.

– Cobalah latihan pernapasan.

Pikiran balap sering kali dihubungkan dengan stres, dan stres membuat jantung kita berdetak lebih cepat dan meningkatkan laju pernapasan kita. Nafas yang lambat dan dalam dapat membantu Kamu menenangkan dan menenangkan pikiran. Kamu juga dapat mencoba latihan dan teknik pernapasan lain yang dapat Kamu praktikkan kapan saja untuk mencegah stres dan kecemasan.

Semoga tip dan trik di atas dapat membantu Kamu tertidur lebih cepat!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here