Bunda, Ini Deretan Tips Liburan Aman Buat Ibu Hamil

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Liburan memang dibutuhkan oleh semua orang untuk melepas perasaan suntuk dan stres akibat aktivitas harian, termasuk juga ibu hamil. Stres dapat dirasakan baik oleh ibu hamil yang bekerja maupun ibu rumah tangga.

Namun, ibu hamil tidak bisa sembarangan saat melakukan liburan, mengingat harus menjaga kandungannya tetap sehat.
Liburan dapat menjadi hiburan tersendiri bagi ibu hamil.

Pasalnya, sejumlah ahli telah menyebutkan bahwa jalan-jalan dapat menjadi obat dan membantu menghilangkan stres. Beberapa sumber menyebut jika ibu hamil memang lebih rentan terkena stres.

Untuk menjaga kehamilan tetap sehat dan memastikan perkembangan janin calon ibu, memang sebaiknya tidak mengalami stres.

Maka dari itu, ibu perlu beberapa tips yang perlu diterapkan jika ingin melakukan liburan agar kesehatan kehamilan tetap terjaga. Berikut tipsnya:

1. Memilih tempat tujuan wisata yang aman

Salah satu tips yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil adalah memilih tujuan wisata yang terjangkau. Pastikan untuk menghindari bepergian ke tempat yang membutuhkan waktu terlalu lama.

Untuk perjalanan dengan penerbangan, baiknya hanya membutuhkan waktu dua hingga tiga jam. Jangan sampai masalah terkait kehamilan terjadi saat dalam perjalanan.

Sebelum perjalanan, perhatikan daerah yang dituju, baiknya memastikan jika tempat yang dituju aman bagi ibu hamil dan jangkauan rumah sakit tidak terlalu jauh jika sewaktu-waktu sesuatu yang tidak diinginkan terjadi. Selain itu, penting juga untuk melakukan pemeriksaan kandungan dan berdiskusi dengan dokter terkait keamanan selama liburan.

2. Membawa barang bawaan yang ringan

Kenyamanan ibu saat liburan sangat penting untuk diperhatikan, terlebih jika perlu banyak berjalan di tempat wisata. Pastikan untuk menggunakan sepatu olahraga yang mampu menopang kaki dengan baik, sehingga kaki tidak mudah cedera atau bengkak.

Pastikan juga mengemas berbagai pakaian yang dapat membuat ibu tetap sejuk di udara yang panas dan mengenakan pakaian berlapis saat udara dingin.

3. Menikmati liburan dengan nyaman

Saat hamil, mungkin ibu tidak bisa berlibur layaknya sebelum mengandung. Ibu perlu mengurangi aktivitas yang terlalu aktif, seperti melakukan petualangan, belanja tanpa istirahat, atau bahkan berjalan jarak jauh.

Cobalah untuk lebih banyak beristirahat dan menikmati liburan dengan lebih rileks.

4. Membuat perencanaan yang tepat

Pastikan kamu membuat rencana yang baik dengan memanfaatkan waktu sebaik mungkin agar liburan berjalan dengan lancar. Buat daftar semua barang yang dibutuhkan dan diinginkan agar tetap aman.

Pastikan semua daftar yang telah ditulis sudah disiapkan dengan baik sehari sebelum perjalanan dilakukan. Bawa juga salinan catatan kehamilan untuk berjaga-jaga jika ibu tidak sehat saat bepergian.

Reporter : Adinda Catelina Fadjrin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Anggota Komisi X DPR RI Imbau Himbara Tingkatkan Unsur UMKM Lebih Jauh

Mata Indonesia, Jakarta - Anggota Komisi XI DPR RI, Eriko Sotarduga, menyampaikan, perkembangan ekonomi masyarakat Bali pasca COVID-19 memiliki...
- Advertisement -

Baca berita yang ini