BTS ‘Hiatus’, Siapa yang akan Jadi Grup K-Pop yang Pimpin Hallyu Waves Berikutnya?

Baca Juga

MATA INDONESIA, SEOUL – BTS baru-baru ini mengumumkan hiatus grup mereka. Sehingga netizen memfokuskan untuk beralih ke grup mana yang kira-kira akan memimpin gelombang Hallyu di industri K-pop.

Melansir dari Allkpop, di antara kandidat untuk menjadi K-pop berikutnya yang mengikuti di belakang BTS sebagai artis K-pop terbesar ada BLACKPINK.

Menurut ‘2021 Global Hallyu Trend Report’ yang dirilis oleh Korea International Cultural Exchange Agency, artis Korea teratas di bidang K-pop adalah BLACKPINK untuk tahun kedua berturut-turut setelah BTS.

Para ahli menunjukkan, BTS dan BLACKPINK berada di pusat popularitas K-pop yang memimpin Korean Wave. Melihat dari ‘peringkat penyanyi K-pop paling favorit’ tahun lalu yang dipilih oleh penggemar Hallyu di luar negeri.

Hasilnya, BTS menempati posisi pertama dengan 22 persen diikuti oleh BLACKPINK dengan 12,5 persen. Popularitas besar BLACKPINK lebih jelas di YouTube.

Selain itu, ada aspek lainnya yang dapat dilihat sebagai salah satu alasan grup ini dapat memperluas pengaruh global mereka adalah, grup ini terdiri dari anggota dari latar belakang budaya yang berbeda. Secara khusus, BLACKPINK telah mendapatkan popularitasnya yang meledak di Asia Tenggara berkat pengaruh Lisa.

Namun, grup ini masih jadi pertanyaan penggemar terkait jadwal comebacknya yang tak pernah muncul hilalnya. Sedangkan masa kontraknya sebagai grup ini akan berakhir pada 2023 mendatang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini