Bingung Nagih Utang ke Teman yang Suka Lupa Bayar? Simak 7 Tips Berikut!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tak dapat dipungkiri, punya temen yang suka lupa bayar utang itu bikin jengkel banget! Apalagi jika temanmu itu suka lupa bayar utangnya.

Selain bikin dongkol, pertemananmu dengan dia juga bisa jadi canggung karena mungkin merasa nggak enak untuk menagih hutang, tapi di sisi lain kamu juga butuh uang itu.

Nah, biar kamu nggak bingung lagi, nih ada beberapa tips buat kamu yang mau menagih utang ke teman yang lupa bayar. Yuk, coba!

1. Kasih tau secara gentle

Cara pertama adalah, kamu harus gentle dalam menagih utang. Nggak cuma gentle, tapi kamu juga harus tegas. Tagihlah dengan lembut di awal-awal.

Ingatkan pada temanmu jika kamu sudah membantunya saat kesusahan. Bisa jadi dengan cara ini, hati temanmu bisa terketuk karena merasa nggak enak karena telah dibantu tapi tak kunjung mengembalikan utangnya.

2. Beri tahu jika kamu butuh uang itu

Nggak perlu nunggu lama untuk menagih utang temanmu jika kamu benar-benar sedang membutuhkan uang itu. Misalnya untuk ongkos kuliah, membeli buku, servis laptop, atau apapun itu.

Jelaskan baik-baik kebutuhanmu itu, namun tetap berdasar untuk menagih utang. Mau gimana lagi? Karena kita memang sedang butuh. Dengan begitu diharapkan temanmu akan sadar kalau dengan dia yang belum bayar hutangnya, kebutuhanmu nggak bisa terpenuhi.

3. Kasih batas tanggal

Kalau temanmu dah nggak bisa ditolerir, kasih aja deadline untuk bayar utang. Tapi jangan galak-galak ya nagihnya, kamu harus tetep gentle dan jelaskan baik-baik kebutuhanmu.

Cara ini bisa kamu coba jika temanmu benar-benar lupa bayar atau malah merasa nggak punya hutang. Dengan cara ini, bisa aja temanmu jadi nggak bisa kasih alasan apa-apa lagi.

Kalau temanmu memang terkenal jarang bayar utang, lebih baik kamu tolak untuk meminjamkannya uang sedari awal. Bilang saja kalau kamu juga lagi sama-sama bokek.

4. Alasan tidak punya uang

Saat sedang jalan-jalan, entah itu di pusat perbelanjaan atau di mana pun, minta bayarin saja pada temanmu dengan cara yang halus. Cara halus di sini maksudnya adalah, tidak secara gamblang.

Misalnya saat ingin membeli pakaian, utarakan pada temanmu bahwa kamu menginginkan baju itu, tapi sayangnya kamu nggak punya uang. Gunakan jurus yang paling melas, supaya temanmu berbaik hati membelikanmu pakaian itu.

Secara nggak sadar, temanmu sudah membayar utangmu. Jadi kamu nggak perlu repot-repot lagi nagih hutang ke temanmu.

5. Nggak bawa dompet

Biasanya nih, ya, biasanya, temen yang suka ngutang itu awalnya dimulai dengan embel-embel nggak bawa uang atau nggak bawa dompet, endingnya pasti minta nebeng bayarin kamu pas kalian belanja atau makan bareng.

Kalau benar alasan awal mereka seperti itu, balas lagi dengan cara yang sama. Cara ini terkesan halus, atau bahkan nggak kerasa sama sekali. Lakukan secara sengaja saat jaan bareng dia, kamu bilang nnggak bawa uang banyak, jadi biar dia nggak lagi-lagi hutang sama kamu.

6. Minta traktir saat tanggal muda

Biasanya nih, tanggal muda adalah tanggal gajian. Nah, setelah temanmu gajian, tagih saja utangnya dengan cara meminta traktir.

Tagih dengan cara yang pasif, namun masih ada kesan agresifnya. Misalnya seperti, “Ciee baru gajian ya? Bisa kali kita pesta pizza hari ini,”. Jika temanmu baik, dia pasti akan langsung traktir kamu, kok.

7. Balas dendam

Pasti ada satu atau dua orang temanmu yang kalau ditagih utang, alasannya bermacam-macam. Giliran dipinjami uang, royal banget. Nah, gimana cara balas dendamnya?

Pinjam duit saja sama temanmu yang senilai utang dia ke kamu, tapi setelah dipinjami jangan kamu balikin. Kalau dia nagih, kamu balas saja, “Utangku ke kamu dipotong pakai hutangmu ke aku ya, impas kan?”. Kalau sudah begitu, mau alasan apa lagi? (Dinda)

Berita Terbaru

Indonesia Tawarkan Upaya Konkret Penanganan Air Dalam WWF ke -10

Rangkaian pertemuan World Water Forum (WWF) ke-10 tahun 2024 di Nusa Dua, Bali menghasilkan diskusi yang konstruktif dalam rangka...
- Advertisement -

Baca berita yang ini