Biar Cepat Kaya, Ini Cara Perencanaan Uang yang Ampuh ala Kemenkeu

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Membuat perencanaan keuangan sering kali menjadi hal yang tak mudah bagi masyarakat. Kegiatan ini cukup sulit dilakukan dengan konsisten karena banyaknya pengeluaran.

Tapi, membuat perencanaan keuangan sebenarnya perlu lho kamu lakukan. Kegiatan itu bertujuan untuk menghemat pundi-pundi yang kamu dapatkan setiap bulannya.

Walau gak mudah, kamu tetap bisa melakukannya kok. Biar perencanaan keuanganmu berhasil, yuk simak beberapa cara ampuhnya ala Kementerian Keuangan.

  1. Tujuan Keuangan

Hal pertama yang harus diperhatikan ialah tujuan keuanganmu. Pikirkan dengan matang apa tujuan kamu untuk membuat perencanaan keuangan ini. Misalnya, kamu mempunyai goals liburan, nonton konser, atau hanya sekadar ingin mempunyai uang tabungan.

Dengan memiliki tujuan itu, kamu akan terpacu untuk tidak boros dalam menggunakan uang. Maka, perencanaan keuangan yang kamu buat bisa sesuai rencana.

2. Susun Strategi

Langkah selanjutnya ialah menyusun strategi. Kamu harus mengatur pengeluaran apa saja setiap bulannya.

Kamu perlu membuat strategi seperti berapa budget yang boleh kamu pakai untuk belanja dan keperluan lainnya. Kemudian, sisihkan hasil penghasilan kamu itu dan simpan di tempat yang sulit kamu jangkau. Dengan begitu, kamu jadi gak mudah menggunakan uang tabunganmu.

3. Memahami Produk Keuangan

Ingat! Selain tabungan, ada beberapa cara untuk menyimpan uangmu agar gak terus-terusan dibelanjakan. Mulai dari investasi di saham, logam mulia, reksa dana dan sebagainya.

Nah, sebelum melakukan investasi tersebut, ada baiknya kamu memahami produk-produk itu. Jangan ragu untuk mencari tahu lebih dalam sebelum memutuskan langkah investasi seperti apa yang ingin kamu gunakan.

4. Segera Implementasikan

Setelah paham, muai lah bergerak! Jangan ragu untuk segera mengimplementasikannya ya. Semakin cepat kamu melakukan perencanaan keuangan, maka makin banyak pula pundi-pundi yang akan kamu simpan.

5. Evaluasi

Jika semua hal di atas sudah kamu lakukan, jangan lupa untuk memonitor dan mengevaluasi rencana keuanganmu. Perhatikan apakah ada pengeluaran yang di luar dari rencana.

Nah, evaluasi dan pemantauan ini akan berguna untuk mengetahui hal apa saja yang salah dari perencanaan keuanganmu. Dengan begitu, kamu bisa memperbaikinya dan lebih memaksimalkan rencana keuanganmu di kemudian hari.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini