Berapakah Jumlah Air Putih yang Harus dikonsumsi dalam Sehari?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA- Air merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Sekitar 60 persen dari berat badan manusia terdiri dari air. Mengonsumsi air putih yang cukup setiap hari dapat membantu semua fungsi tubuh, seperti pencernaan, menjaga suhu tubuh, menjaga kesehatan organ dan jaringan serta metabolisme. Lalu, berapakah jumlah air yang harus kita minum dalam sehari?

Kita semua pasti pernah mendengar bahwa 8 gelas air setiap hari adalah yang terbaik. Tetapi kenyataannya, berapa banyak air yang dibutuhkan setiap orang berbeda-beda. Hal tersebut tergantung beberapa hal yakni, aktivitas, kondisi tubuh, kelembaban, suhu udara dan intensitas berkemih.

Para ahli dari Institute of Medicine’s di Amerika Serikat menganjurkan untuk pria dewasa 13 gelas atau 3 liter, wanita dewasa 9 gelas atau 2 liter lebih, ibu hamil 10 gelas atau 2 liter lebih, ibu menyusui 12 gelas atau setara hampir 3 liter, serta anak dan remaja 6 hingga 8 gelas air per hari.

Namun, jika melakukan aktivitas yang membuat lebih banyak mengeluarkan keringat, dapat minum air putih lebih banyak agar tetap terhidrasi. Hal ini sama dengan jika seseorang menderita diare, muntah atau demam, sebaiknya mengonsumsi air lebih banyak. Tetapi jika kelebihan cairan dalam tubuh juga dapat mengganggu kesehatan. Terutama bagi yang menderita ginjal, liver, jantung dan tiroid.

Secara alamiah tubuh kita mengeluarkan air melalui keringat dan urine. Tubuh kita perlu mengonsumsi cairan atau minum air putih yang cukup agar terhindar dari dehidrasi. Jika tubuh mengalami dehidrasi dapat menyebabkan pusing, kebingungan dan bahkan kejang. Fungsi cairan dalam tubuh berguna untuk membuang racun dari organ manusia dan menjaga kinerja tubuh agar tetap optimal.

Tetapi kebanyakan orang tak sadar jika telah kehilangan cairan sekitar 1-2 persen dalam tubuhnya telah mengalami dehidrasi ringan. Dehidrasi ringan dapat memengaruhi suasana hati dan tenaga kita. Namun, jika kita tidak langsung mengisi cairan tersebut, dapat mengalami dehidrasi yang berakibat fatal.

Untuk itu kamu perlu mengonsumsi air yang cukup, berikut manfaat dari mengonsumsi air putih untuk kesehatan tubuh, antara lain memaksimalkan performa fisik, mencegah dan mengatasi sakit kepala, mencegah batu ginjal, baik untuk kesehatan kulit, membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh, menyehatkan rongga mulut, menjaga tekanan darah, membantu kelancaran sirkulasi tubuh, meningkatkan fungsi otak, melancarkan pencernaan, membantu menurunkan berat badan dan lain sebagainya.

Reporter: Azizah Putri Octavina

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini