Begini Cara Aman Pakai Earphone Biar Telinga Gak Sakit

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Penggunaan earphone tampaknya tak lagi sebagai fashion semata. Keberadaanya telah menjadi gaya hidup dan kebutuhan yang tak bisa dilewati.

Penggunaan earphone yang praktis dan nyaman juga bikin orang-orang memilih menggunakannya untuk mendengarkan lagu dalam berbagai aktivitas. Baik saat bekerja, menemani di perjalanan, berolahraga dan sebagainya.

Seiring berkembangnya zaman, model dan jenis earphone pun semakin beragam. Berbagai brand gadget dan elektronik pun berlomba-lomba mengeluarkan earphone keluaran terbaru mereka.

Meski demikian, penggunaan earphone yang praktis bisa berakibat buruk untuk kesehatan telingmu jika digunakan terus menerus loh! Biar kamu tetap aman dan nyaman saat pakai earphone tanpa mengganggu kesehatan telinga, yuk simak cara berikut!

1. Jangan Gunakan Volume Terlalu Keras 

Hal pertama yang harus kamu perhatikan saat menggunakan earphone ialah memastikan volume tidak terlalu keras. Meski lagu yang sedang kamu putar adalah favoritmu, tetap gunakan volume yang normal ya.

Mendengarkan musik terlalu keras melalui earphone dapat menyebabkan kerusakan permanen pada pendengaran. Tidak sedikit gangguan pendengaran dialami mereka yang masih remaja karena sering mendengarkan musik melalui earphone terlalu keras.

Jadi, pastikan tidak menggunakan pemutar musik lebih dari 60 persen volume maksimum ya!

2. Jangan Pakai Lebih dari Delapan Jam

Mendengarkan lagu favorit atau menonton film kesukaanmu memang bikin lupa waktu. Maka, penggunaan earphone di telinga bisa sampai berjam-jam.

Padahal, demi kesehatan telinga, ada baiknya penggunaan earphone tak lebih dari delapan jam. Berikan waktu buat telinga kamu beristirahat ya. Kalau kamu memang terbiasa mendengarkan musik setiap saat, coba gunakan speaker untuk mengurangi pemakaian earphone.

3. Rutin Bersihkan Earphone

Mungkin masih banyak masyarakat yang tak menyadari adanya kuman dan bakteri dari earphone yang jarang dibersihkan. Maka, kebersihan earphone-mu harus selalu diperhatikan ya. Sebab, kesehatan telinga tak hanya dari besarnya volume atau lamanya durasi kamu memakai earphone, tapi juga dari kebersihan benda itu sendiri.

4.  Jangan Dipakai Sampai Tidur

Selain gak boleh dipakai lebih dari delapan jam, kamu juga tak boleh menggunakannya sampai tidur ya. Mendengarkan lagu yang slow dan melow sebagai pengantar tidur boleh-boleh saja. Tapi, sebaiknya jangan gunakan earphone ya.

Saat tertidur, telinga semakin tertekan karena menerima gelombang suara yang besar dari pemakaian earphone. Ada juga dugaan kalau mendengarkan lagu saat tidur dengan earphone membuat otak kurang maksimal beristirahat. Gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh earphone dikhawatirkan dapat merusak sel-sel pada otak.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Rumah Sekda Karawang Digeledah, Begini Tanggapan Ketua BEM Fakultas Hukum UBP Karawang

MATA INDONESIA, KARAWANG-Pasca penggeledahan ruang dinas dan rumah Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang yang dilakukan oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Barat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini