Begini 5 Cara Latih Anjing Pitbull Supaya Baik dan Jinak

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Kasus anjing pitbull menggigit warga sekitar memang tengah hangat diperbincangkan. Pasalnya, peristiwa tersebut kembali terulang.

Seorang bocah perempuan tujuh tahun berinisial MWT di Medan, Sumatera Utara mengalami luka parah dibagian wajah akibat serangan anjing jenis pitbull yang dipelihara sanak keluarganya. Pertistiwa tersebut terjadi di kediamannya di Jl. Cipto Tiga, Kelurahan Tanjung Mulia, Medan.

Dari rentetan kasus mengenai anjing jenis pitbull yang menyerang manusia membuat para warga merasa khawatir. Namun sebenarnya, anjing pitbull ini bisa dilatih dan menjadi jinak loh! Begini caranya:

1. Berikan Banyak Latihan

Pitbull pada dasarnya adalah anjing buas. Mereka pun akan cepat bosan jika tuannya tak sering memberikannya latihan. Dari rasa bosan tersebut, munculah sifat agresif pada pitbull yang berbahaya. Jadi cobalah untuk sesering mungkin memberikan latihan fisik dan sederhana pada pitbullmu ya!

2. Pahami Bahasa Tubuhnya

Tak bedanya dengan manusia, anjing sekelas pitbull pun memiliki rasa takut atau butuh akan sesuatu. Maka, kamu perlu memahami bahasa tubuh mereka. Dengan memahaminya, kamu akan tahu bagaimana kode mereka saat mereka marah. Jadi, kamu bisa memberikan pengertian dan mencegah pitbullmu menyerang orang lain.

3. Latih Agar Disiplin

Melatih disiplin pada pitbull memang sangatlah perlu. Kamu bisa menggunakan gerakan-gerakan positif dan sederhana agar mudah dimengerti oleh pitbullmu. Dengan begitu, mereka akan disiplin dan jinak.

4. Jangan Dipukul

Memukul anjing ketika mereka salah bukanlah hal yang baik. Itu bisa membuat mereka lebih agresif lagi loh! Sebaiknya, kamu tegur dan komunikasikan dengan perlahan dan tanpa pukulan agar anjing pitbull tak menjadi semakin galak.

5. Sosialisasikan Mereka

Jangan hanya dikurung didalam kandang dan di halaman rumah saja, mensosialisasikan pitbull ke lingkungan luar juga penting agar mereka tak merasa terkurung. Tak hanya itu, kegiatan tersebut juga mampu membuat anjing pitbull berinteraksi dan bersahabat dengan lingkungan luar. (Annastasya Rizqa/RyV)

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini