Beberapa Olahan Telur dari Mancanegara Ini Bisa Jadi Menu Sahur

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Beberapa orang terbiasa mengolah telur dengan cara menggorengnya atau merebusnya. Padahal, telur bisa diolah menjadi apa saja. Seperti misalnya, untuk sajian panggang dan kukus, dari puding hingga kue.

Menurut CNN, ada beberapa olahan telur terbaik di dunia yang bisa disajikan sebagai menu pagi pendamping kopi. Namun, olahan telur bisa disajikan untuk menu sahur.

Eggs Benedict atau disebut juga dengan Eggs Benny menjadi menu favorit beberapa wilayah di Amerika. Dalam seporsi eggs benedict ada muffin yang dibelah dua yang di atasnya diberi poached egg atau telur apung, ham dan juga saus Hollandaise.

Telur mentah akan dimasukkan ke dalam air yang setengah mendidih lalu diputar hingga tercipta pusaran air dan kuning serta putih. Maka, telur akan mengikuti arus air hingga menjadi setengah matang.

Shakshuka, hidangan sarapan ini banyak ditemukan di sepanjang Timur Tengah hingga Afrika Utara. Cara membuatnya dengan memecahkan beberapa butir telur dan dimasukkan ke dalam saus tomat merah yang kental. Shakshuka akan dimasak hingga kuning telur menjadi setengah matang.

Setelah itu, gunakan roti yang dicelupkan ke dalam saus, yang nantinya bisa berpadu dengan kuning telur gurih setengah matang.

Selain itu, sajian berupa omelet juga bisa menjadi pilihan. Makanan ini umumnya terhidang di antara kopi dan roti. Lalu, telur akan diberi bumbu rempah-rempah dan dibiarkan setengah matang di dalam pan.

Kemudian ada juga olahan telur rebus yang dibungkus dengan daging cacah kemudian dibentuk bulatan dan dimasukkan ke dalam kocokan telur dan remahan tepung roti. Sajian ini disebut juga scotch egg.

Bila ditelusuri asal usulnya, scotch egg lahir di sekitar tahun 1738. Sajian ini sangat terinspirasi oleh menu ala Indian. Nama scotch egg, ini ada karena tambahan achovy yang digunakan untuk memberikan citarasa khas.

 

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini