Bahaya Pinjaman Online Ilegal, Ketahui Ciri-Cirinya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Jika Anda terjerat dalam pinjaman online ilegal itu bisa berdampak buruk untuk kehidupan Anda.

Mereka awalnya menawarkan pinjaman dengan berkata pinjaman cepat dan mudah di dapatkan maka dari itu Anda harus berhati-hati dengan tawaran seperti ini.

Agar tidak terjebak dengan pinjaman online ilegal, Anda harus mengetahui macam-macam modusnya.

Salah satunya modusnya adalah mengirim SMS atau WhatsApp, menggunakan nama produk yang mirip dengan financial technology lending legal dan langsung mentransfer uang tersebut ke korban.

Selain itu Anda juga harus mengetahui ciri-ciri pinjaman online ilegal agar tidak terjebak.

1. Agresif menawarkan iklan

Menawarkan pinjaman melalui baik SMS ataupun pesan instan pribadi lainnya tanpa persetujuan konsumen. Sementara pinjaman online yang terdaftar di OJK dilarang mengirim promosi kepada selain kepada pengguna.

2. Persyaratan terlalu di permudah

Pinjaman online hanya meminta foto KTP saja dan permintaan dana langsung di proses, pinjaman online ilegal tidak akan meminta konfirmasi ke pihak yang bersangkutan.

3. Bunga kredit tinggi

Pinjol ilegal tidak memiliki aturan pasti tentang penetapan bunga kredit. Pinjol ilegal juga tidak transparan soal bunga kredit, biasanya bunga muncul setelah dana diterima dan melebih batasan yang telah ditentukan oleh AFPI dan OJK.

4. Tenor pinjaman singkat

Tenor pinjaman dari pinjaman online ilegal biasanya sangat singkat, misalnya dalam 7 hari atau 14 hari. Biasanya, setelah melewati batas pinjaman, pinjaman online ilegal akan mengkirimkan dana secara otomatis ke rekening Anda.

5. Tagihan secara kasar

Pinjol ilegal melakukan penagihan tidak beretika berupa teror, intimidasi, dan pelecehan.

Ini dia beberapa ciri-ciri pinjaman online, jika Anda sering di SMS ditawarkan pinjaman online sebaiknya di hindarkan saja.

Reporter : Firda Padila

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Peningkatan Infrastruktur di Bali Bukti Komitmen Indonesia Siap Selenggarakan WWF 2024

World Water Forum Ke-10 di Bali pada 18-24 Mei 2024 diharapkan akan menghasilkan berbagai solusi masalah air termasuk sanitasi...
- Advertisement -

Baca berita yang ini