Awas! Jangan Konsumsi Makanan Ini saat Kelenjar Getah Bening Bengkak

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ada beberapa makanan yang pantang dikonsumsi saat kelenjar getah bening membengkak. Makanan apa saja ya?

Kelenjar getah bening adalah salah satu kelenjar berbentuk bulat yang termasuk bagian dari sistem limfatik dan mengandung sel darah putih. Kelenjar ini berperan untuk melawan kuman, bakteri, virus dan parasite penyebab infeksi, membasmi sel kanker dan menghancurkan zat beracun yang masuk ke tubuh.

Saat kondisi normal, kelenjar ini akan menyaring cairan limfa yang selanjutnya akan diedarkan ke seluruh tubuh. Tetapi, dalam kondisi abnormal, kelenjar getah bening dapat menimbulkan pembengkakan akibat adanya gumpalan jaringan kecil di dalamnya.

Pembengkakan pada kelenjar getah bening dapat terjadi pada siapa pun dalam usia berapa pun. Namun, wanita memiliki risiko yang lebih tinggi dibandingkan pria.

Pembengkakan ini dapat mengecil dengan sendirinya setelah infeksi atau penyakit yang menyerang tubuh perlahan mulai terobati. Biasanya akan memakan waktu sekitar satu minggu atau lebih.

Pembengkakan pada kelenjar getah bening kerap kali dianggap sebagai sebuah penyakit. Nyatanya, hal teresbut adalah hal yang biasa dan merupakan sebuah sinyal bahwa adanya akan ada penyakit di area sekitar pembengkakan.

Untuk menghindari pembengkakan pada area kelenjar getang bening, kita sebaiknya menerapkan pola hidup sehat. Pola hidup sehat dimulai dengan mengkonsumsi makan sehat dan juga menghindari beberapa makanan yang memicu hal tersebut juga sebagai bentuk menjaga kesehatan tubuh.

Makanan memang bukan penyebab utama pemicu pembengkakan. Namun, bukan berarti tidak ada pantangan guna menghindari kondisi tersebut.

Berikut beberapa makanan yang pantang dimakan untuk penderita pembengkakan pada kelenjar getah bening.

  1. Makanan Cepat Saji
    Sudah menjadi rahasia umum apabila terlalu sering mengonsumi makanan cepa saji akan berdampak buruk bagi kesehatan. Jika sedang menghadapi gangguan pada kelenjar getah bening, hindari mengkonsumi makanan cepat saji. Hal ini karena makanan cepat saji akan mengubah cara kerja sistem imun pada tubuh, membuat mereka selalu dalam keadaan waspada sehingga memiliki potensi memicu pembengkakan pada kelenjar getah bening.
  2. Makanan yang Mengandung MSG
    Makanan yang mengandung penyedap rasa berlebihan akan mengubah kinerja sistem imun dan limfa. Padahal kedua komponen tersebut merupakan bagian dari pembentuk limfosit, yaitu sel darah putih yang memiliki peranan penting bagi memerangi kuman, virus, hingga bakteri yang masuk ke dalam tubuh.
  3. Makanan yang Mengandung Banyak Gula
    Selain menyebabkan penyakit diabetes, makanan yang mengandung gula tinggi dapat menyebabkan gangguan kesehatan, salah satunya adalah penyakit kelenjar getah bening. Mengurangi konsumsi gula pada kehidupan sehari-hari juga dapat menurunkan risiko pembengkakan pada kelenjear getah bening hingga penyakit lainnya.
  4. Daging Berlemak
    Jika terjadi pembengkakan pada area kelenjar getah bening, cobalah hindari mengonsumsi daging berlemak. Dilansir dari beberapa sumber, apabila seseorang terlalu banyak mengonsumsi daging berlemak akan meningkatkan risiko terkena kanker kelenjar getah bening.

(Shafira Annisa)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini