Apa Sih yang Dimaksud dengan Kesehatan Mental?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Seperti halnya fisik, kesehatan mental juga tidak boleh luput dari perhatian. Jika kesehatan mental terganggu, kondisi fisik dan kualitas hidup juga bisa menurun.

Masalah kesehatan mental kini banyak diperbincangkan. Teranyar, petenis putri Jepang, Naomi Osaka memilih mundur dari turnamen grand slam French Open demi menjaga kesehatan mental.

Osaka menolak menjalani sesi jumpa pers usai pertandingan yang membuatnya didenda. Pada akhirnya, dia memilih mundur demi menjaga kesehatan mental. Menurut dia, sesi jumpa pers dengan jurnalis bisa mengganggu kesehatan mentalnya.

Kesehatan mental adalah bagian dari kesehatan yang tidak bisa dilepaskan. Sehat secara mental adalah keadaan ketika individu merasa sejahtera, baik secara psikologis, emosional, ataupun secara sosial. Orang yang sudah mencapai aktualisasi diri juga umumnya sehat secara mental.

Kesehatan mental berpengaruh terhadap bagaimana seseorang berpikir, merasa, bertindak, serta membuat keputusan, juga bagaimana seseorang menangani stres dan berinteraksi dengan orang lain.

Pengujian status mental juga dapat disebut sebagai pemeriksaan status mental atau pengujian neurokognitif. Tes mental ini dapat diberikan oleh sejumlah penyedia layanan kesehatan. Namun, seorang psikolog adalah pihak yang berkompeten untuk melakukan pengujian yang lebih kompleks ketika ada pertanyaan tentang gangguan neurokognitif tertentu.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental

Kesehatan mental merupakan hal penting yang perlu dijaga. Ini tidak hanya berlaku pada orang dewasa yang sedang produktif, anak-anak, remaja, bahkan orang lanjut usia pun harus peka dan sadar terhadap kesehatan mental.

Orang dengan kesehatan mental yang prima dapat beraktivitas secara produktif dan menggunakan potensi yang dimilikinya dengan maksimal. Mereka juga akan mampu berpikir secara positif dan jernih ketika dihadapkan dengan berbagai persoalan. Hal ini akan menuntun dirinya untuk menjadi lebih baik dalam menyikapi masalah.

Mental yang sehat juga baik untuk kehidupan sosial. Orang dengan mental yang sehat akan dapat berkomunikasi lebih baik, mudah bergaul, dan memiliki pertemanan yang sehat. Bahkan, mereka juga lebih mampu memberikan kontribusi yang baik pada komunitas atau orang-orang di sekitarnya.

Cara Menjaga Kesehatan Mental

Agar dapat beraktivitas dan berinteraksi dengan baik dalam masyarakat serta terhindar dari penyakit mental, penting bagi kamu untuk senantiasa menjaga kesehatan mental. Berikut ini adalah panduan umum yang bisa diterapkan untuk menjaga kesehatan mental:

1. Hargai diri sendiri, misalnya dengan tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain.
2. Usahakan untuk selalu melihat sisi positif dari suatu masalah.
3. Perlakukan dirimu seperti kamu memperlakukan orang lain yang kamu sayangi.
4. Terapkan pola hidup yang sehat, seperti konsumsi makanan sehat, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup.
5. Kembangkan potensi yang kamu miliki atau coba hal-hal baru yang belum pernah dilakukan.
6. Pelihara hubungan yang baik dengan orang lain.
7. Lakukan hal-hal yang membuatmu bahagia.
8. Berhenti bersikap terlalu perfeksionis.

Kesehatan mental merupakan hal yang tidak boleh diabaikan dan harus dipelihara sebaik mungkin. Lakukan cara menjaga kesehatan mental yang telah dipaparkan di atas agar fisik, mental, emosi, dan kehidupan sosialmu senantiasa dalam kondisi yang baik.

Jika kamu merasa mengalami tanda gangguan mental atau memiliki keluarga maupun kerabat yang memiliki masalah ini, jangan malu untuk meminta bantuan psikolog dan psikiater.

Reporter: Mala Komala

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

KPU Sleman Gelar PSU pada 24 Februari 2024 di 11 TPS, PPS dan PPK Dipilih Ketat

Mata Indonesia, Sleman - KPU Sleman segera menyelenggarakan pemungutan suara ulang (PSU) dan pemungutan suara lanjutan (PSL) sesuai rekomendasi sebelumnya. Ada 11 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Bumi Sembada yang akan menjadi lokasi PSU dan PSL.
- Advertisement -

Baca berita yang ini