7 Tips Agar Tetap Waras Saat WFH

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tidak diragukan lagi, bekerja dari rumah atau work from home (WFH) cukup membuat stress. Beberapa perusahaan masih tetap menerapkan kebijakan WFH karena pandemi virus corona.

Di satu sisi, WFH melindungi kita dari infeksi bersama dengan kenyamanan bekerja di rumah sendiri. Namun di sisi lain, bekerja dari rumah juga berdampak pada kesejahteraan mental dan emosional masyarakat yang tak terhitung banyaknya.

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh para peneliti di University of Southern California, WFH meningkatkan ekspektasi dan gangguan kerja, mengurangi komunikasi dengan rekan kerja, dan pada akhirnya menurunkan produktivitas.

Melansir Times of India, berikut 7 tips agar tetap waras saat Anda bekerja dari rumah atau WFH:

Buat jadwal

Tanpa pengingat eksternal dari kolega atau atasan, maka Anda akan mudah terhanyut saat Anda bekerja dari rumah. Buatlah jadwal agar Anda dapat dengan mudah menyelesaikan tugas dan pekerjaan Anda dengan baik dan tepat pada waktunya.

Ubah ekspektasi Anda

WFH karena pandemi tidak sama dengan melakukannya dalam keadaan normal. Anda mungkin memiliki anak di rumah atau masih tinggal di rumah orang tua yang mungkin menimbulkan gangguan. Tak perlu khawatir, Anda dapat tetap bekerja dan sesekali menengok anak atau sedikit mengobrol dengan orang tua Anda untuk menghilangkan kejenuhan.

Buat ruang kerja

Jika Anda tidak memiliki kantor di rumah, carilah ruangan yang cukup tenang, nyaman, ergonomis, dan bukan tempat tidur Anda! Cobalah untuk menghindari area lalu lintas tertinggi di rumah Anda. Anda akan lebih nyaman duduk berjam-jam jika ruang kerja Anda cukup terang dengan sandaran punggung yang memadai serta keyboard dan pengaturan layar yang baik.

Buat batas

Salah satu hal yang menantang tentang WFH adalah Anda harus membuat batasan sendiri. Atur jam kerja dan jam istitahat Anda. Jangan sampai Anda terlena karena bekerja dari rumah.

Outfit untuk bekerja

Sangat mudah untuk tetap memakai piyama sepanjang hari, tapi itu juga akan mempengaruhi perasaan Anda tentang hari Anda. Tetap memakai piyama memiliki perasaan lambat dan malas, dan Anda akan mendapati diri Anda bekerja lebih lambat dan tidak fokus. Kenakan pakaian yang nyaman saat Anda bekerja dari rumah, sehingga Anda bersemangat dan produktif.

 Istirahat dan pergi keluar

Di akhir pekerjaan saat Anda WFH, pastikan untuk keluar sebentar, bahkan jika itu hanya berjalan kaki singkat atau merenggangkan otot tubuh Anda. Ini terbukti bermanfaat untuk Anda yang sedang WFh, karena biasanya Anda harus bekerja lebih lama dari jam kerja.

Tidur nyenyak

Tidak ada keraguan tentang fakta bahwa ketika Anda memiliki tidur malam yang nyenyak, Anda lebih bahagia dan lebih produktif. Setelah menyelesaikan pekerjaan Anda, nonaktifkan pemberitahuan push di ponsel Anda, tutup email Anda, dan stop memeriksa media sosial.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini