7 Cara Mudah Mengurangi Rambut Rontok

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA –  Rambut rontok adalah pengalaman traumatis! Setiap helai rambut yang jatuh membuat jantung Anda berdetak kencang dan terkadang menimbulkan rasa takut akan kebotakan.

Meskipun kehilangan hingga 100 helai rambut sehari adalah normal, jika Anda melebihi kisaran ini – maka Anda perlu mencermati gaya hidup harian Anda. Berikut tujuh hal yang mungkin tampak sepele, tetapi bisa menjadi alasan utama di balik kerontokan rambut.

Kondisioner

Kondisioner yang baik dapat memberikan keajaiban bagi rambut Anda. Ini mengandung asam amino yang membantu memperbaiki rambut rusak, dan juga membantu menjaganya tetap halus.

Sampo

Pertama dan terpenting adalah memahami jenis kulit kepala Anda dan memilih sampo yang tepat. Plus, Anda perlu mencuci rambut tergantung pada kulit kepala Anda. Misalnya, apabila kulit kepala Anda berjenis kering, sering mencuci rambut akan menyebabkan kerontokan. Sedangkan Anda yang memiliki jenis kulit kepala berminyak, mencuci rambut tiga kali seminggu akan menyebabkan hal yang sama. Selain itu, pastikan sampo Anda tidak mengandung bahan kimia seperti sulfat, paraben, dan silikon yang dapat membuat rambut Anda rapuh dan rentan pecah.

Diet dan olahraga

Tidak peduli produk apa yang Anda gunakan, tidak ada yang dapat membuktikan manfaatnya jika Anda tidak mengonsumsi makanan yang seimbang dan berolahraga secara berdampingan. Pastikan untuk memasukkan banyak protein dan zat besi ke dalam asupan harian Anda. Ingat, diet ketat bisa menjadi musuh bebuyutan Anda. Berolahraga, yoga, dan meditasi adalah pilihan bagus untuk mengurangi rambut rontok.

Perawatan kimia

Melakukan perawatan kimiawi yang ketat seperti pelurusan, pengeritingan, pewarnaan, dll, jelas membombardir rambut Anda dengan bahan kimia dan ini tidak baik untuk pertumbuhan rambut. Selanjutnya hindari penggunaan pengering rambut dan batang pengeriting, terutama pada rambut basah, sebab ini akan membuat rambut Anda rapuh. Jika Anda benar-benar perlu menggunakan alat pengering rambut (blow dry), gunakan pengaturan panas terendah. Jika menggunakan produk lain yang menghangatkan rambut Anda, mulailah dengan kondisioner tanpa bilas yang kuat dan akhiri dengan semprotan pelindung.

Dapatkan trim regular

Umumnya, ujung rambut sering mengalami kerusakan dan pemangkasan yang baik setiap enam hingga delapan minggu dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Rambut yang rusak memiliki tekstur seperti jerami. Tapi jangan khawatir, sebab Anda dapat memotongnya dan menghilangkan ujung yang bercabang.

Minyak

Tak perlu dikatakan, meminyaki rambut dapat meningkatkan sirkulasi darah dan menyehatkan akar. Pastikan untuk memijat rambut Anda seminggu sekali dengan minyak yang sesuai dengan kulit kepala Anda. Tutupi dengan topi mandi dan bersihkan dengan sampo ringan setelah dua jam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Kolaborasi Antar Pihak Dukung Peningkatan Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat Kampung Papua

Papua, dengan kekayaan alam yang melimpah dan budaya yang beragam, memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Namun, untuk...
- Advertisement -

Baca berita yang ini