6 Manfaat Jogging yang Harus Kamu Ketahui

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTAJogging merupakan aktivitas lari santai dengan kecepatan sedang atau lambat yang bisa dilakukan di mana saja.

Ternyata jogging punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, apalagi dilakukan di pagi hari dimana udara pagi masih segar dan minim polusi.

Manfaat jogging yang paling umum adalah untuk menurunkan berat badan. Banyak orang yang sedang diet melakukan jogging. Walaupun kecepatannya tidak secepat lari, jogging diyakini ampuh untuk membakar banyak kalori.

Berikut beberapa manfaat jogging untuk tubuh:

1. Menjaga Fleksibilitas Tulang Belakang
Jogging dapat menjaga fleksibilitas tulang belakang. Di sela-sela tulang belakang pada punggung terdapat cakram kecil dan fleksibel yang bertindak seperti bantalan pelindung.

2. Menghilangkan Stres
Manfaat jogging selanjutnya adalah menghilangkan stres. Selain dapat meningkatkan mood, jogging juga dapat membantu mengalihkan pikiran dari masalah.

3. Menurunkan Berat Badan
Jogging dapat membantu menurunkan berat badan, membakar lemak di dalam tubuh, dan memperbaiki metabolisme tubuh. Hal ini akan berpengaruh pada berat badan.

4. Memperbaiki Kualitas Tidur
Jika susah tidur, jogging bisa jadi salah satu obatnya. Rutin berlari akan menghilangkan masalah insomnia sehingga meningkatkan kualitas tidur dan membuat pola hidup menjadi lebih baik.

5. Baik untuk Jantung
Membiasakan diri berlari secara rutin dapat mengkuatkan jantung. Saat jogging, jantung akan memompa darah lebih cepat dan akan memberikan efek positif pada tulang serta sendi-sendi dalam tubuh.

6. Mengencangkan Otot
Jogging membantu otot tubuh menjadi lebih kencang, terutama untuk bagian paha, betis, otot gluteal, dll.

Reporter: Purwati Soleha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini