5 Kegiatan Mengisi Liburan Akhir Tahun Tanpa Keluar Rumah

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Libur akhir tahun telah tiba. Biasanya, banyak orang yang menghabiskan waktu liburan ini dengan cara bepergian ke tempat wisata bahkan mengunjungi kerabat di luar kota.

Namun tahun ini, pandemi Covid-19 di Indonesia masih belum mereda. Semua masyarakat tetap diimbau untuk tetap tinggal di rumah.

Lalu, bagaimanakah cara supaya tidak suntuk selama menghabiskan liburan akhir tahun 2020? Berikut 5 kegiatan yang dapat anda lakukan untuk mengisi liburanmu.

  1. Membersihkan rumah

Biasanya, membersihkan rumah hanya dilakukan pada bagian yang sering dilalui atau digunakan. Sementara, bagian-bagian atau perabot yang jarang digunakan menjadi berdebu dan kotor, sehingga membuat suasana rumah kurang nyaman.

Kamu bisa mengajak keluarga untuk membantu membersihkan seluruh bagian dan perabot rumah, sehingga kebersihan, keindahan, serta kesehatan dapat terjaga. Tak hanya itu, keluargamu juga bisa belajar tentang cara merawat lingkungan rumah dengan baik.

  1. Memasak

Memasak juga dapat menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu libur panjang di rumah.

Tidak harus sendiri, Anda dapat melakukan kegiatan memasak bersama keluarga untuk berbagi tanggung jawab. Misalnya, dengan memberi tanggung jawab kecil saat memasak kepada anak, mengocok telur misalnya, anak akan menjadi lebih percaya diri dalam melakukan sesuatu.

Selain itu, orangtua dapat mengajak anak mengeksplorasi aneka rasa serta manfaat dari makanan yang anda buat untuk kesehatan tubuh. Dengan demikian, anak bisa belajar untuk lebih menghargai makanan.

  1. Berkebun

Banyak orang yang memilih berkebun sebagai opsi kegiatan saat libur panjang pekan depan.

Anda dapat mengajak anggota keluarga lain seperti anak untuk ikut berkebun. Berkebun bisa menjadi salah satu cara mengeksplorasi alam, yaitu mengenalkan berbagai jenis tumbuhan kepada anak dengan cara yang menyenangkan.

Kegiatan ini juga bisa membantu anak mengalihkan rasa bosan dan stres selama sekolah di rumah. Dengan demikian, suasana hati mereka akan menjadi lebih baik dan kembali bersemangat usai libur panjang nanti.

  1. Bermain Bersama

Tidak ada salahnya mempersiapkan beberapa permainan seru yang bisa dimainkan bersama keluarga untuk mengisi liburan akhir tahun.

Anda boleh menggunakan permainan video game, permainan papan, atau permainan lainnya supaya keluarga anda tidak bosan saat menghabiskan liburan akhir

  1. Berkemah

Apabila punya halaman luas di rumah, Anda bisa saja mengadakan kegiatan berkemah. Sembari menyalakan kembang api, anda juga bisa mempersiapkan hidangan lezat untuk seluruh anggota keluarga.

Bahkan, tidak ada salahnya berkemah di dalam rumah dengan menyiapkan kasur di ruang keluarga untuk tidur bersama. Kemudian hias seluruh ruangan dengan lampu kelap-kelip layaknya bintang di langit.

Reporter: Muhammad Raja A.P.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

KPU Sleman Gelar PSU pada 24 Februari 2024 di 11 TPS, PPS dan PPK Dipilih Ketat

Mata Indonesia, Sleman - KPU Sleman segera menyelenggarakan pemungutan suara ulang (PSU) dan pemungutan suara lanjutan (PSL) sesuai rekomendasi sebelumnya. Ada 11 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Bumi Sembada yang akan menjadi lokasi PSU dan PSL.
- Advertisement -

Baca berita yang ini