5 Kebiasaan Orang Indonesia Rayakan Pergantian Tahun, Kamu yang Mana?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bagi sebagian orang tahun baru merupakan momen yang paling dinanti. Nggak heran, karena tahun baru biasanya dijadikan momen titik balik untuk menjalani hidup yang lebih baik.

Selain itu, banyak perayaan yang bisa kamu lakukan di malam tahun baru. Setiap orang memiliki cara atau kebiasaan tersendiri untuk melewati momen akhir tahun.

Kira-kira apa saja kebiasaan yang sering dilakukan banyak orang saat malam tahun baru? Nih, beberapa di antaranya:

1. Membunyikan terompet

Tradisi yang sudah ada sejak lama ini memang identik dengan perayaan tahun baru. Menjelang tahun baru biasanya banyak penjual terompet yang bertebaran di pinggir jalan.

Seiring perkembangan zaman, model terompet pun makin beragam. Ada yang berukuran kecil dengan model yang simple, ada yang menyerupai terompet asli, bahkan ada yang berbentuk naga.

Tradisi ini memang tak memandang usia. Tak heran jika tanpa terompet, tahun baruan rasanya sepi banget. Nggak hanya di Indonesia, tradisi ini juga ada di negara lain loh, seperti di Amerika.

2. Kembang api dan petasan

Pesta tahun baru rasanya tidak lengkap tanpa kembang api dan petasan. Orang-orang akan terhibur dengan cantiknya langit yang berwarna-warni.

Umum nih, di landmark setiap kota pasti mengadakan pesta kembang api yang meriah. Misalnya di Jakarta, Monas dan Ancol biasanya menjadi titik kumpulnya warga untuk melihat pesta kembang api dan petasan secara besar-besaran.

3. Barbeque party

Kebiasaan satu ini juga menjadi kegiatan favoritnya orang Indonesia. Pesta barbeque, atau bakar-bakar bisa kamu lakukan bersama keluarga atau teman-teman nongkrongmu.

Makanan yang bisa kamu bakar atau panggang juga banyak, misalnya daging sapi. Tapi kalau kamu ingin lebih hemat, kamu juga bisa memanggang bakso dan sosis.

Tenang aja, momen spesial tahun baruan kamu nggak akan berkurang kok, selagi ditemani dengan orang-orang tersayang.

4. Nonton konser musik

Buat pecinta musik, tahun baru artinya bisa menyaksikan konser grup musik kesayangan. Nggak hanya di tempat-tempat terbuka, konser musik kecil-kecilan juga bisa diselenggarakan di pusat-pusat perbelanjaan.

Jika kamu beruntung, kamu bisa ketemu idolamu secara gratis, loh! Karena ada beberapa konser yang digelar secara cuma-cuma oleh pemerintah daerah setempat.

5. Tidur

Nah, kebiasaan satu ini juga nggak kalah seru dari yang lain. Salah satu kebiasaan yang dilakukan oleh banyak orang saat malam pergantian tahun adalah, tidur.

Nggak kaget sih, karena untuk menunggu tengah malam saja rasanya mata sudah tidak kuat. Hal itu cukup melelahkan bagi mereka yang terbiasa tidur lebih awal.

Kegiatan satu ini juga cocok untuk kaum introvert yang nggak begitu tertarik sama dunia luar yang bising dengan bunyi petasan dan terompet. Selagi tidak ada larangannya, kenapa tidak? (Dinda)

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini