5 Cara Menata Sofa di Ruang Tamu yang Sempit

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Keterbatasan ukuran ruang tamu seringkali membuat kita bingung untuk menata perabot di dalamnya. Belum lagi dalam memilih model sofa dan menempatkannya, tentu menjadi tantangan yang cukup besar.

Selain perlu memakai ukuran sofa yang tepat, kita pun juga perlu menata sofa di dalam ruang tamu dengan benar. Bila tidak, bisa-bisa ruangan tampak lebih sesak dan penuh.

Nah, agar tidak salah dalam meletakkan sofa di ruang tamu, simak beberapa tips berikut ini.

  1. Ukur Ruangan

Hal pertama yang perlu dilakukan jika ingin membeli sofa baru adalah mengukur ruangan terlebih dahulu. Setelah itu, pikirkan lokasi sofa tersebut akan diletakkan, apakah dekat tembok, jendela, atau justru berada di tengah ruangan.

Cara ini bisa memudahkan kita dalam memilih model dan ukuran sofa yang tempat.  Bila memakai sofa dua dudukan, kamu juga bisa memadukannya dengan kursi secara terpisah agar tidak terasa sempit.

  1. Gunakan sofa Multifungsi

Untuk memaksimalkan ruang tamu yang sempit, kamu bisa menggunakan sofa multifungsi, baik yang memiliki laci penyimpanan atau bisa dijadikan tempat tidur (sofa bed).

Sofa kecil dengan laci penyimpanan akan menghemat ruangan karena kamu tidak perlu menambahkan lemari. Sedangkan sofa bed, bisa kamu gunakan sebagai tempat tidur untuk tamu yang sedang menginap.

  1. Pastikan Ada Pencahayaan Cukup

Jika di ruang tamu terdapat jendela, maka kamu bisa menempatkan sofa di seberang jendela supaya mendapatkan penerangan yang lebih baik. Cahaya ini bisa memberikan ilusi lebih besar pada sofa yang berukuran kecil.

Selain itu,  sinar matahari yang masuk juga dapat membuat ruang tamu lebih luas dan lega. Bahkan, udaranya pun juga bisa lebih sejuk, terutama ketika kamu membuka jendelanya.

  1. Pilih Sofa Berwarna Netral dan Cerah

Pemilihan warna sofa juga bisa memberikan ilusi ruangan jadi lebih besar. Nah, kamu memakai sofa berwarna netral dan cerah, seperti putih, abu-abu, kuning, atau biru muda. Hindari memilih sofa dengan warna yang terlalu pekat  karena ruangan terkesan sempit dan gelap.

  1. Letakkan dengan tepat

Dalam meletakkan sofa dengan benar, kamu perlu memperhatikan model ruangan. Jika ruang tamu terdapat banyak sekat, maka kamu bisa meletakkan sofa dengan menempelkannya pada salah satu sudut dinding.

Lain halnya jika kamu memiliki ruang tamu yang cukup terbuka dan menyatu dengan ruangan lain, maka kamu bisa meletakkannya di tengah ruangan. Hindari memakai terlalu banyak lemari dan meja sudut karena justru akan membuat ruang tamu jadi lebih sempit.

Itu dia tips menata sofa di ruang tamu yang sempit. Jadi, jangan sampai salah memilih dan meletakkan sofa di rumah, ya.

Nah, kamu bisa beli sofa berbagai model dan ukuran sofa kekinian hanya di Ruparupa.com. Tidak hanya itu, kamu juga bisa beli furniture lainnya seperti meja, kursi, lemari dan lain lain. Situs belanja online ini juga menyediakan perabot dan perlengkapan rumah tangga dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, dan masih banyak lagi.

Selamat menata ruang tamu di rumah jadi terlihat lebih besar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini