4 Tanda Utama Jantung Anda Sehat

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Jantung adalah anggota tubuh yang vital untuk menopang kehidupan. Jantung sehat, maka hidup pun sehat. Namun, pernahkah Anda mengetahui seperti apa sebenarnya tanda-tanda jantung yang sehat?

Mengutip boldsky.com, menurut pakar medis, berikut adalah empat tanda utama Anda memiliki jantung yang sehat dan bebas masalah:

Tubuh Berenergi

Ketika Anda merasa selalu bugar, tidak mudah lelah dan sakit, serta berenergi dalam aktivitas sehari-hari, maka ini merupakan tanda utama jantung bekerja dengan baik dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Sebaliknya, jika Anda merasa cepat lelah, sebaiknya periksakan ke dokter, barangkali jantung Anda sedang bermasalah.

70-82 Denyut per Menit

Denyut nadi dapat menjadi ukuran apakah jantung Anda sehat atau bermasalah. Angka paling sempurna menurut medis adalah 72 denyut per menit. Namun, Anda pun tetap dikatakan memiliki jantung yang sehat ketika denyut berada antara 70 sampai 82 per menit. Di luar angka tersebut, Anda patut waspada.

Pernafasan Lancar

Pernafasan lancar pun bisa jadi tanda jantung yang sehat. Untuk mengetahuinya, cobalah melakukan aktivitas fisik seperti berlari atau menaiki anak tangga. Jika Anda mudah lelah disertai kesulitan mengatur pernafasan, maka ada masalah dengan jantung Anda.

Berat Badan Normal

Menurut pakar medis, salah satu ukuran jantung yang sehat adalah berat badan normal, tidak mengalami obesitas. Selama ini, obesitas kerap memicu banyak komplikasi, termasuk penyempitan pembuluh darah berujung stroke atau sakit jantung. (Ryan)

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini