20 Negara Paling Bahagia di Dunia 2021, Finlandia Masih yang Terbaik

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tidak ada perubahan terhadap posisi teratas di peringkat negara paling bahagia di dunia. Selama empat tahun Finlandia menjadi pemenang daftar tahunan yang dikeluarkan oleh The Gallup World Poll. Posisinya disusul Islandia, Denmark, Swiss, dan Belanda yang menempati posisi kedua, ketiga, keempat, dan kelima.

Amerika Serikat naik peringkat dari 18 menuju 14, sementara Inggris harus turun peringkat dari 13 menuju 18, dan Australia masih menempati peringkat 12.

Profesor dan Direktur Pusat Perkembangan berkelanjutan Columbia University Jeffrey Sachs tetap mengingatkan supaya terus bekerja sama untuk menghadapi ancaman lingkungan global.

“Pandemi ini mengingatkan kita pada ancaman lingkungan global, kebutuhan kerja sama yang mendesak, dan juga kesulitan kita untuk mencapai bekerja sama dengan setiap negara secara global,” kata Jeffrey.

Mengingat laporan mengenai negara yang paling bahagia di dunia 2021 ditulis sedikit berbeda karena adanya pandemi Covid-19.

Namun peneliti tidak terkejut bila Finlandia mempertahankan peringkat teratas. Negara Nordik ini selalu mendapatkan peringkat tinggi bila menyangkut rasa saling percaya.

Kepercayaan juga menjadi faktor utama yang membantu para penduduk saat pandemi, begitu pula kepercayaan pada pemerintah.

Laporan World Happiness Report 2021 juga mengungkapkan menurunnya kesehatan mental terjadi di berbagai negara. Salah satunya Inggris, yaitu kasus kesehatan mental pada bulan Mei 2020 sebelum pandemi Covid-19 47 persen lebih tinggi daripada yang diperkirakan.

Tercatat 149 negara yang tercantum di laporan, Afghanistan dicatat sebagai negara yang tidak bahagia, disusul dengan Zimbabwe, Rwanda, dan Botswana. Negara dengan peringkat terbawah adalah negara yang masih marak konflik politik dan gencatan senjata.

Berikut 20 negara yang paling bahagia di dunia tahun 2021:

  1. Finlandia
  2. Islandia
  3. Denmark
  4. Swiss
  5. Belanda
  6. Swedia
  7. Jerman
  8. Norwegia
  9. New Zealand
  10. Austria
  11. Israel
  12. Australia
  13. Irlandia
  14. Amerika Serikat
  15. Kanada
  16. Republik Ceko
  17. Belgia
  18. Inggris
  19. China
  20. Perancis

 

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini