Wajib Tonton, Ini 5 Film tentang Taliban dan Afghanistan

Baca Juga

Pergerakan kelompok Taliban di Afghanistan ternyata sudah menuai sorotan sejak lama. Hal ini terlihat dari beberapa film bertema perang yang mengadopsi situasi dan dinamika di Afghanistan. Beberapa film tersebut menempatkan Taliban sebagai bagian dari rangkaian cerita dan dikemas dengan menarik.

Pertama, yaitu film berjudul Kandahar yang diambil dari kisah nyata seorang Nelofer Pazira. Ia memutuskan untuk datang di Kandahar untuk menyelamatkan adiknya yang ingin berusaha untuk bunuh diri. Namun, di dalam film tersebut keberadaan Taliban membuat suasana semakin mencekam.

Kedua, film berjudul Escape from Taliban pada tahun 2003 yang diadopsi dari novel A Kabuliwala’s Bengali Wife karya Sushamita Banerjee yang terbit pada tahun 1997. Dalam film ini, Manisha Koirala berperan sebagai Sushamita yang tinggal di Afghanistan dan menikah dengan seorang pengusaha di negara tersebut pada tahun 1989.

Meski demikian, hidupnya dipenuhi dengan rasa takut karena Afghanistan dilanda perang. Maka, enam tahun berselang, Sushmita memutuskan untuk melarikan diri dari Afghanistan karena kondisinya semakin tidak kondusif.

Ketiga, yaitu Lone Survivor. Film ini menceritakan tentang empat tentara Amerika Serikat (AS) yang menjalankan misi di Afghanistan. Marcus Luttrel, Michael Murphy, Matthew Axelson dan Danny Diertz ditugaskan untuk menangkap pemimpin Taliban bernama Ahmad Shah.

Upaya ini ternyata tidak mudah karena kondisi lapangan yang berbukit sehingga komunikasi tidak bisa berjalan dengan efektif. Kondisi semakin kompleks karena keempat tentara AS tersebut tidak sengaja bertemu dengan penggembala kambing. Rasa curiga dan bimbang menyelimuti karena harus memilih antara membunuh atau tidak membunuh penggembala tersebut.

Keempat, yaitu film berjudul 12 Strong yang mengambil latar belakang cerita tentang serangan terhadap menara kembar World Trade Center di Amerika Serikat pada 11 September 2001 lalu. Saat itu Kapten Mitch Nelson dikirim ke Afghanistan sebagai pasukan khusus rahasia Green Baret bersama 11 anggota.

Adapun, pasukan tersebut membawa misi khusus untuk melawan Taliban dan Al-Qaeda yang diduga sebagai aktor penyerangan. Maka, Mitch berusaha keras meyakinkan pimpinan  aliansi bagian utara Afghanistan, Jenderal Dostum untuk memerangi Taliban.

Terakhir, yaitu The Outpost. Film ini diadaptasi dari buku non-fiksi berjudul The Outpost: An Untold Story of American Valor karya Jake Tapper yang terbit pada tahun 2012. Intinya, film ini menceritakan tentang serangan Taliban yang mengancam pos pasukan Amerika Serikat yang berada di Kamdesh.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini