Sering Dianggap Sama, Ini Beda Persatuan Emirat Arab dengan Arab Saudi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kebanyakan orang, menyangka antara Uni Emirat Arab atau Persatuan Emirat Arab dan Arab Saudi adalah satu negara yang sama. Kenyataan tidak.

Dari sistem pemerintahannya saja sudah terlihat perbedaannya. Arab Saudi dipimpin seorang raja, sedangkan PEA dikepalai seorang presiden.

Arab Saudi merdeka pada tanggal 23 September 1932 sedangkan UEA memperoleh kemerdekaannya pada 2 Desember 1971. Namun, keduanya merupakan negara timur tengah yang dikenal dunia.

Luas Arab Saudi dua juta kilometer persegi, sedangkan luas Persatuan Emirat Arab hanya 83.600 kilometer persegi.

Arab Saudi menjadi negara yang terkenal dengan budaya Islam nya, sekaligus tujuan para Muslim di seluruh dunia untuk ritual haji dengan ibu kota Riyadh.

Baik Arab Saudi maupun PEA merupakan bagian dari Dewan Kerjasama Teluk (GCC) yang merupakan aliansi ekonomi dan politik, didirikan di ibu kota Arab Saudi.

Selain PEA dan Arab Saudi, aliansi itu juga terdiri dari negara Bahrain, Kuwait, Oman, dan Qatar.

Alasan aliansi itu dibuat supaya setiap negara yang berada di dalamnya memiliki tujuan yang sama dalam mempromosikan identitas bersama yang berasas pada prinsip-prinsip keyakinan agama Islam.

Negara Arab Saudi terkenal dengan ekonominya yang berbasis minyak dan menjadi pengekspor minyak bumi terbesar dunia karena sekitar 16 persen cadangan minyak dunia ada di sana.

Raja Salman yang saat ini memimpin Arab Saudi menerapkan kebijakan baru di mana semakin banyak investasi swasta akan dilakukan untuk mengurangi pengangguran, menargetkan lapangan kerja kaum muda, dan berinvestasi di industri pariwisata.

Bendera nasional negara Arab Saudi berwarna hijau tua dengan tulisan kalimat syahadat (Tiada Tuhan melainkan Allah, dan Muhammad itu utusan Allah) dalam tulisan Arab di tengahnya.

Sedangkan PEA memiliki ibu kota Abu Dhabi. Seperti halnya Arab Saudi, PEA merupakan pemasok utama minyak dunia.

Pembangunan ekonominya terdiri dari memperluas infrastruktur, mendorong privatisasi, mendorong investor asing agar berinvestasi, promosi pariwisata hingga menciptakan lapangan kerja.

Bendera PEA berbeda dengan Arab Saudi karena cenderung lebih berwarna yaitu terdapat warna merah, hijau, putih, dan hitam yang melambangkan kesatuan dan kemerdekaan orang Arab.

Jika di Arab Saudi terdapat Ka’bah yang menjadi arah salat muslim seluruh dunia, sementara PEA memiliki Burj Khalifa, bangunan tertinggi di dunia.

Dilihat dari mata uang juga jelas berbeda, untuk mata uang Arab Saudi adalah Riyal Saudi, sedangkan UEA mata uang nya bernama Dirham Uni Emirat Arab.

Persamaan dari kedua negara tersebut adalah bahasanya yang menggunakan bahasa Arab dan menganut agama yang sama dengan mayoritas Islam. (Annisaa Rahmah)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini