Mencontoh Mi’rajnya Nabi Muhammad SAW, Jalan Super Cepat, Cara Manusia Menjelajah Ruang Angkasa

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pernah nonton salah satu film Star Trex? Nah, pasti familiar dengan kecepatan terbang dari pesawat ruang angkasa USS Enterprise. Berkat sistem propulsi atau namanya penggerak warp, pesawat melesat dengan kecepatan cahaya.

Soal kecepatan cahaya ini juga ada sejak ratusan tahun lalu. Yaitu saat Nabi Muhammad SAW Isra Mi’raj ke Sidratul Muntaha. Nabi SAW menumpang kendaraan Buraq yang terbang dengan kecepatan cahaya.

Sampai saat ini, manusia memang sudah melakukan perjalanan ke antariksa termasuk ke bulan. Namun, manusia hanya mampu menjelajah sebagian kecil sistem tata surya dan planet planet terdekat dari Bumi.

Hal inilah yang membuat para ilmuwan dan peneliti Luar Angkasa mencoba untuk mencari cara supaya daya jelajahnya lebih luas lagi dan tidak hanya berputar di beberapa planet dekat bumi saja.

Baru-baru ini, ilmuwan yang melakukan penelitian ruang angkasa akhirnya bisa menemukan cara untuk menjelajah ruang angkasa yaitu dengan cara ‘Jalan Super Cepat’.

Jalan super cepat ini memang berbeda dengan kecepatan cahayanya Nabi SAW maupun di film-film Star Trex. Namun jalan ini bisa memperkecil jarak perjalanan dari Planet Jupiter ke Neptunus kurang dari 10 tahun.

Dengan jalan super cepat juga dapat membuka peluang pesawat ulang alik meluncur ke sistem tata surya dengan kecepatan yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Hal ini menguntungkan bagi badan ruang angkasa seperti NASA di masa depan. Mereka dapat menggunakan jalan super cepat untuk mempersingkat waktu perjalanan dari Bumi ke Sistem Tata Surya yang lebih jauh lagi. Namun, sampai saat ini para ilmuwan belum dapat memastikan dan belum dapat memberi tahu seberapa cepatnya perjalanan ini.

Menurut para pakar dan pengamat Sistem Tata Surya, setiap planet memiliki sirkuit atau rute untuk jalan super cepat yang akan mempermudah perjalanan. Namun ada juga rute yang saling terkait dengan planet planet lain, alhasil ini akan membuat jaringan terasa lebih rumit.

Ilustrasi Rute perjalanan ruang angkasa
Ilustrasi Rute perjalanan ruang angkasa

Berdasarkan penelitian, Prof Aaron Rosengren dari Departemen Mekanik dan Teknik Penerbangan University of California mengatakan, ”Kita sudah menemukan adanya jalan super cepat di ruang angkasa. Rute itu ada karena sepenuhnya terbentuk oleh planet. Ada juga seperti Asteroid dan Komet yang tidak dapat membentuk jalan super cepat itu,” ujar Aaron.

Planet Jupiter sebagai planet terbesar berperan penting dalam terbentuknya rute. Beberapa planet membentuk lengkungan serupa yang berinteraksi dan menciptakan rute yang cukup rumit.

Langkah berikutnya ialah memahami serta meneliti jaringan super cepat tersebut. Bagaimana dengan jalan pintas dari Bumi termasuk mengatasi keruwetan yang timbul.

Dengan penemuan rute ini, manusia diharapkan dapat menjelajahi luar angkasa dengan waktu yang tidak terlalu lama. Efisiensi dan efektivitas perjalanan akan lebih ditingkatkan dan manusia bisa bolak balik dari bumi menuju planet-planet lainnya.

Reporter : R Al Redho Radja S

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini