Insya Allah Berkah, Ini Amalan yang Bisa Dilakukan saat Isra Mi’raj

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tepat hari ini, umat Muslim di seluruh dunia memperingati perayaan Isra Mi’raj yang jatuh pada 27 Rajab, atau Senin 28 Februari 2022. Isra Mi’raj adalah peristiwa penting dalam sejarah Islam yang mengisahkan perjalanan Nabi Muhammad SAW.

Di masa pandemi ini, kita tak bisa merayakan Isra Mi’raj seperti biasanya. Meski demikian, kamu tetap bisa memeriahkan Isra Mi’raj kok. Biar tetap dapat pahala, yuk lakukan amalan di bawah ini, insha Allah berkah!

1. Beristighfar

Peringatan Isra Mi’raj biasanya tepat di bulan Rajab. Di bulan ini, banyak anjuran supaya kita melakukan banyak istighfar.

Di bulan Rajab, Allah SWT akan mengampuni seberapa pun dosa hambanya. Untuk itu, kamu bisa mengamalkan istighfar sebanyak-banyaknya saat pagi dan sore.

2. Zikir Isra Mi’raj

Selanjutnya ialah berzikir. Ada satu zikir dari Nabi Ibrahim yang mengajarkannya kepada Nabi Muhammad SAW saat Mi’raj ke Sidratul Muntaha. Ini kalimatnya. 

Laa haula walaa quwwata illa billah

“Tidak ada daya dalam menjauhi maksiat dan tidak ada upaya menjalankan ketaatan melainkan dengan pertolongan Allah.”

3. Berpuasa

Tahukah kamu, saat Isra Mi’raj ada anjuran untuk berpuasa. Selain untuk mendapat keberkahan saat Isra Miraj, berpuasa di bulan Rajab juga bisa untuk membayar hutangmu di Ramadhan kemarin.

4. Perbanyak Doa

Saat bulan Rajab, Rasulullah SAW menganjurkan kita memperbanyak baca doa. Doa yang dibaca Rasulullah SAW ialah sebagai berikut:

Allohumma baarik lanaa fii rojaba wa sya’banaa wa ballighnaa romadhonaa.

“Ya Allah berilah kami keberkahan di bulan Rojab dan Sya’ban dan sampaikan kami pada bulan Romadhon.”

5. Shalat Sunnah

Satu lagi amalan yang bisa kamu lakukan saat Isra Mi’raj ialah melakukan shalat sunnah. Shalat sunnah pada malam Isra dan Mi’raj boleh dilaksanakan setelah shalat Maghrib, maupun setelah shalat Isya.

Shalat sunnah sebanyak dua belas rakaat dilaksanakan dengan salam setiap dua rakaat. Insha Allah, amalan-amalan tersebut bisa membawa keberkahan dan pahala di peringatan Isra Mi’raj tahun ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini