Lembaga Riset Australia: Jokowi Menang Lagi Karena Perempuan

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Lembaga riset dari Australia, Roy Morgan, memastikan Jokowi akan memenangkan Pemilihan Presiden April 2019. Kemenangan itu sebagian besar didukung suara perempuan yang disebut sebagai hasil sentuhan magic Jokowi.

Hal tersebut berdasarkan hasil survei Januari 2019 dengan responden 1.039 warga negara Indonesia yang berhak memilih.

Dari jumlah itu, sebesar 61 persen responden perempuan memilih Jokowi yang berpasangan dengan Ma’ruf Amin, hanya 39 persennya memilih Prabowo dan Sandiaga Uno.

“Sementara lelaki yang memilih Jokowi hanya 55 persen, sedangkan yang memutuskan memberi suara kepada Prabowo-Sandi 45 persen,” demikian hasil survei yang dikutip Senin 4 Maret 2019.

Secara keseluruhan Jokowi – Ma’ruf diprediksi memenangkan pemilihan dengan besar suara 58 persen atau meningkat lima persen dari Pemilihan Presiden 2014.

Sedangkan suara Prabowo hanya 42 persen atau menurun 5 persen dari pemilihan presiden sebelumnya.

Ditilik dari wilayah yang memenangkan Jokowi, Roy Morgan menyimpulkan berasal dari daerah pedesaan di seluruh Indonesia. Perbandingan suaranya 63,5 persen untuk Jokowi dan 36,5 persen untuk Prabowo.

Jawa Tengah tidak diragukan lagi sebagai pendukung terkuat kemenangan Jokowi. Roy Morgan memperoleh data 2/3 wilayah itu memberikan suaranya kepada petahana. Angkanya 74,5 persen berbanding 25,5 persen.

Komposisinya hampir sama dengan daerah Jawa Timur dan Bali. Angkanya 73 persen untuk Jokowi dan Prabowo hanya kebagian 27 persen.

Sementara Prabowo hanya menang di Jawa Barat, Jakarta, Banten serta daerah pinggiran Sumatera Selatan. Namun, angkanya tidak sebesar di daerah kemenangan Jokowi.

Di Jabar, Jakarta dan Banten, suara untuk Prabowo 57 persen di atas Jokowi yang 43 persen. Sedangkan di pinggiran Sumatera Selatan angkanya 54,5 persen untuk Prabowo dan 45,5 persen Jokowi.

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini