Hari Alabay, Penghormatan Kepada Anjing Terbaik di Turkmenistan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Biasanya, hari libur nasional dirayakan untuk menghormati tokoh besar atau perayaan suatu agama. Namun, berbeda di Turkmenistan. Mereka memberi penghormatan kepada anjing setempat yang dinilai baik karena menjadi sumber kebanggaan nasional di negara tersebut.

Alabay sebutan untuk anjing terbaik yang diberi penghormatan khusus oleh Wakil PM Turkmenistan, Serdar Berdymukhamedov pada Minggu 25 April 2021. Hewan itu diberi penghargaan karena tercatat sebagai salah satu anjing terbesar di dunia dengan berat hingga 80 kilogram.

Sebelum dipilih, hewan itu diarak serta dipamerkan dalam satu uparaca khusus. Tidak lupa juga alunan musik yang memeriahkan acara tersebut. Di akhir acara akan ada penilaian terhadap anjing yang penampilan dan kelincahannya terbaik. Saking istimewanya, Presiden Kurbanguly Berdymukhamedov mendirikan sebuah patung emas anjing Alabay setinggi enam meter di ibu kota. Di berbagai sudutnya dihiasi monumen dan dilengkapi dengan layar LED berisi video aksi anjing Alabay.

Perayaan hari anjing ini dimulai sejak Presiden Kurbanguly Berdymukhamedov berkuasa dari tahun 2007. Ia menganggap anjing Alabay sebagai simbol warisan nasional. Menariknya, sang presiden gemar menghadiakan anak anjing kepada pemimpin negara terdekatnya. Mereka yang pernah diberi hadiah yakni Presiden Uzbekistan Islam Karamov, Presiden Rusia Vladimir Putin dan Emir Qatar.

Reporter : R Al Redho Radja S

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jelang Hari Buruh Sedunia, Polda DIY Serahkan Bantuan Sembako

Mata Indonesia, Yogyakarta – Memperingati Hari Buruh Sedunia, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., menyerahkan bantuan sembako kepada Koperasi Konsumen Persatuan Buruh DIY di Gedung Pertemuan Bumi Putera Yogyakarta, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Selasa (30/4/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini