Berbeda Kita untuk Satu Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, – Hal apa yang terlintas ketika mendengar kata Indonesia. Negara dengan warna merah berani dan putih suci ini adalah sebuah negara yang penuh dengan nilai-nilai perbedaan dan nilai-nilai luhur sebagai dasar dalam membentuk sebuah negara yang utuh.

Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan yang dilewati garis khatulistiwa dengan iklim tropis. Dikelilingi lautan yang luas sebagai jembatan atau penghubung antar pulau satu dengan yang lainnya. Jika dilihat dari letak geografisnya, Indonesia juga diapit oleh dua benua (Benua Asia dan Benua Australia) dan dua samudra (Samudra Hindia dan Samudra Pasifik).

Indonesia juga dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki kepadatan penduduk tertinggi di dunia. Namun, jika kita melihat Indonesia dalam sudut pandang yang lebih luas, kita akan mendapatkan sebuah hal yang lebih bernilai dan berarti. Bahwa Indonesia adalah negara yang penuh dengan kekayaan alam dan keberagaman kehidupan.

Banyak sekali hal yang dapat kita temukan di Indonesia. Hal ini juga menjadi karakter atau sebuah pembeda untuk bangsa ini dengan bangsa yang lainnya.

Namun, bangsa Indonesia memiliki salah satu kekayaan dan keberagaman yang sering sekali menjadi sorotan dunia yaitu keberagaman dari suku, ras, agama, dan budaya. Itu menyebabkan Indonesia memiliki bahasa yang berbeda, logat dalam bercakap, tradisi, seni, musik, pakaian, masakan dan kepercayaan.

Indonesia adalah negara yang sangatlah unik. Keunikan ini adalah sebuah poin yang harus disikapi dengan nilai-nilai positif. Dengan kata lain, keunikan ini bukan menjadi ajang untuk saling serang dan berlomba untuk menjadi yang terbaik. Tapi ini adalah ajang untuk bersama-sama mewujudkan satu tujuan bangsa dan negara sesuai dengan nilai-nilai luhur dari bangsa Indonesia.

Keunikan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia ini harus selalu ditanamkan terutama bagi generasi penerus bangsa. Tidak menutup kemungkinan bahwa ini juga harus menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada seiring berjalanya waktu.

Saat tulisan ini dibuat, tepat sudah 76 tahun Indonesia berdiri tegak di bumi pertiwi ini. Perjuangan dari para pahlawan yang menginginkan kemerdekaan telah menjadi sebuah nilai luhur dan menjadi sebuah akar yang kokoh sebagai pondasi berdirinya bangsa Indonesia.

Pada setiap tanggal 17 Agustus, kita selalu memperingati hari kemerdekaan bangsa Indonesia. Pada peringatan hari ulang tahun kemerdekaan bangsa Indonesia ini, penghargaan untuk para pahlawan dilakukan dengan sebuah upacara pagi yang dilaksanakan oleh seluruh bangsa Indonesia.

Selain itu juga melakukan doa bersama pada setiap malam 16 Agustus. Tujuannya untuk mendoakan para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia akan selalu bersemarak ramai hingga kurang lebih selama 1 bulan penuh di bulan Agustus. Banyak sekali acara yang diselenggarakan selama bulan peringatan kemerdekaan seperti lomba 17 Agustus, pertunjukan seni atau drama kemerdekaan, dan juga kompetisi atau lomba-lomba lain.

Pastinya hal ini dilakukan dengan tujuan untuk meramaikan peringatan hari kemerdekaan dan juga bertujuan untuk mengingat perjuangan para pahlawan meraih kemenangan melawan penjajah. Tentu saja momen ini juga menjadi momen pemersatu bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sebagai warga negara Indonesia kita seharusnya memiliki semangat juang dari para pahlawan dan para leluhur yang telah memperjuangkan bangsa Indonesia. Tidak ada alasan bagi kita untuk terpecah belah, karena para pahlawan telah mengajarkan pada kita apa arti dari bersatu dan berjuang bersama.

Musuh yang kita hadapi sekarang ini adalah oknum-oknum yang dengan sengaja memecah belah persatuan dan kesatuan. Mereka ini adalah ancaman. Dengan adanya mereka, persatuan dan kedamaian yang ada di Indonesia menjadi terancam, terganggu, dan bahkan menjadi tidak seimbang.

Kita juga memiliki musuh utama yang terletak di dalam diri kita masing-masing yaitu ketidakpercayaan terhadap satu sama lain. Ketidakpercayaan satu sama lain ini dapat menjadi sebuah tindakan yang mampu mencemarkan nilai-nilai luhur yang ada di dalam bangsa Indonesia.

Kekayaan dan keberagaman yang dimiliki oleh bangsa Indonesia ini akan dengan mudah dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Belum lagi persatuan yang susah payah diperjuangkan oleh para pahlawan menjadi goyah dan dapat sewaktu-waktu diruntuhkan.

Pada perayaan ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang ke-76 ini, Indonesia sedang mengalami situasi dan kondisi yang sangat memprihatinkan. Hampir 2 tahun Indonesia dibalut dengan suasana pandemi dari virus yang begitu kejam dan tidak pandang bulu dalam menyerang setiap manusia yang ada di bumi ini.

Sudah banyak dari warga Indonesia yang menjadi korban dari virus kejam ini. Mulai dari dampak ringan hingga dampak yang paling berat dan berakhir dengan kematian. Namun, banyak juga dari warga Indonesia yang telah berhasil melawan balik virus kejam ini dan kembali pulih seperti keadaan sebelumnya. Tetapi, berjalanya situasi dan kondisi ini seakan diperparah karena munculnya krisis ekonomi dan krisis kepercayaan dari warga negara Indonesia terhadap satu sama lain.

Banyak dari mereka yang seakan tutup mata dan tutup mulut ketika melihat parahnya situasi dan kondisi yang sedang dirasakan bersama. Ketika mereka mendapat kenyamanan dan ketenangan tanpa merasa terusik dengan keadaan, mereka tidak akan melihat keadaan lingkungan di sekitar mereka.

Kekayaan dan keberagaman yang menjadi milik bersama seperti dilupakan dan disepelekan karena situasi yang membuat kebanyakan masyarakat lebih memilih untuk mementingkan diri sendiri. Dengan begini, krisis ketidakpercayaan antara satu dengan yang lainnya semakin menjadi parah dan tajam seperti kapak yang siap untuk menebang dan merobohkan pohon persatuan yang ada di dalam bangsa Indonesia.

Karena adanya sebuah krisis yang terjadi di Indonesia, kekayaan dan keberagaman yang tadinya menjadi nilai utama untuk mencapai cita-cita dan tujuan bersama bangsa Indonesia seakan menyerang balik bangsa Indonesia. Persatuan dan nilai-nilai luhur yang dimiliki bangsa Indonesia menjadi pertaruhan yang akan diperjuangkan sekali lagi untuk melewati situasi dan kondisi yang sedang terjadi sekarang.

Namun, dalam situasi dan kondisi yang sedang terjadi sekarang kita tidak boleh menyerah. Bahkan ketika situasi dan kondisi seperti sudah tidak dapat diperbaiki, kita tetap harus percaya dan yakin dengan harapan dan keajaiban yang akan diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Kita juga harus yakin bahwa para pahlawan dan para leluhur bangsa Indonesia dulu juga melakukan perjuangan yang tidak mudah dalam melawan penjajah untuk memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Mereka membawa keyakinan tinggi untuk mengalahkan penjajah dan bersatu untuk saling percaya satu sama lain supaya berhasil dalam meraih kemerdekaan bangsa Indonesia.

Maka dari itu, tak perlu berputus asa dalam keadaan yang sedang kita hadapi sekarang. Krisis yang terjadi sekarang ini dapat kita jadikan sebagai sebuah momen untuk mengevaluasi hal apa saja yang perlu diperbaiki untuk Indonesia tercinta ini. Kekayaan dan keberagaman yang menjadi poin utama dalam meraih cita-cita bangsa Indonesia dan tujuan bangsa Indonesia tetap harus menjadi poin utama yang diisi oleh nilai-nilai positif.

Memang seluruh bangsa Indonesia sedang terguncang dan merasa tertekan dengan situasi dan kondisi pandemi dari virus berbahaya yang sedang berkeliaran saat ini. Tetapi, justru inilah momen untuk saling peduli antara satu sama lain dan inilah momen untuk saling bahu membahu untuk memperbaiki Indonesia bersama demi menuju kebangkitan Indonesia.

Kekayaan dan keragaman kehidupan yang ada di Indonesia sangatlah melimpah. Sebagai warga negara Indonesia kita harus bersyukur akan kekayaan dan keragaman kehidupan yang melimpah tersebut. Dengan memanfaatkan kekayaan dan keragaman kehidupan yang ada di Indonesia secara positif, kita dapat membangun bangsa Indonesia dengan baik.

Terutama dalam masa krisis yang sedang dialami oleh bangsa Indonesia sekarang. Jika kita memanfaatkan kekayaan dan keragaman kehidupan ini dengan baik dan secara benar, maka kita akan mendapatkan suatu hasil atau keluaran yang bernilai baik pula. Perbedaan suku, ras, agama, dan budaya ini tidak akan menjadi penghalang bagi kita jika kita semua dapat saling mempercayai satu sama lain untuk berjuang bersama bagi kemajuan dan kebaikan bangsa Indonesia seperti yang dilakukan para pahlawan dan para leluhur bangsa Indonesia.

Perihal pandemi virus yang menyelimuti bumi Indonesia ini seharusnya kita jadikan sebagai ajang untuk mencari hikmah dari hal buruk yang telah terjadi selama masa pandemi virus ini. Karena hal buruk tak selalu jadi penghambat untuk berkembang dan hal buruklah yang membuat hikmah serta evaluasi dapat dicapai dengan sebaik-baiknya untuk rencana ke depan dalam menghadapi situasi dan kondisi yang akan terjadi. Jadi kekayaan dan keragaman kehidupan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia bukanlah hambatan dan penyebab runtuhnya persatuan bagi bangsa Indonesia.

Justru hal sebaliknya, kekayaan dan keragaman kehidupan yang dimiliki bangsa Indonesia malah menjadi salah satu faktor yang menyebabkan perjuangan para pahlawan dan para leluhur bangsa Indonesia memenangkan pertempuran melawan para penjajah. Jadi, sebagai generasi penerus bangsa Indonesia kita dapat menaruh contoh pada para pahlawan dan para leluhur tersebut untuk digunakan dalam melawan krisis yang sedang terjadi di Indonesia dan melawan oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang ingin memanfaatkan kekayaan dan keragaman yang ada di Indonesia.

Generasi penerus bangsa sangatlah penting untuk ikut berperan dalam kemajuan bangsa Indonesia. Dengan adanya keikutsertaan tersebut diharapkan generasi penerus bangsa dapat melanjutkan tongkat estafet dari generasi-generasi sebelumnya. Dalam membangun sebuah bangsa yang maju, generasi penerus dari bangsa tersebut harus dipersiapkan menjadi generasi yang siap untuk menghadapi segala situasi dan kondisi yang akan terjadi dalam masa yang akan datang.

Dengan kekayaan dan keragaman yang dimiliki oleh bangsa Indonesia, generasi penerus dari bangsa Indonesia harus mengetahui dan menjaga hal tersebut sesuai dengan nilai-nilai luhur yang ada supaya bangsa Indonesia tetap terjaga kemurnianya dan juga terjaga pondasi persatuanya. Karena keragaman yang dimiliki oleh bangsa Indonesia, secara otomatis generasi penerus dari bangsa Indonesia juga akan terdiri dari beragam-ragam suku, ras, agama, dan budaya.

Maka dari itu, memberi pendidikan mengenai nilai-nilai persatuan dan nilai-nilai yang ditinggalkan oleh leluhur dari bangsa Indonesia tanpa membeda-bedakan satu sama lain sangatlah penting untuk kemajuan dari bangsa Indonesia itu sendiri. Dengan demikian, generasi penerus bangsa Indonesia akan siap dalam menghadapi situasi dan kondisi yang akan terjadi ke depanya.

Dalam situasi pandemi virus seperti sekarang, generasi penerus bangsa harus benar-benar diperhatikan. Generasi penerus bangsa membutuhkan bantuan dari generasi sekarang yang sedang memimpin masa yang sulit ini. Tanpa membedakan satu dengan yang lainnya, kita harus bergotong royong untuk menolong sesama bangsa Indonesia.

Situasi dan kondisi bangsa Indonesia saat ini memang sedang sulit. Namun, pemulihan serta persatuan untuk memberantas situasi dan kondisi buruk ini terus berjalan sehingga bangsa Indonesia pun perlahan mulai bangkit dari keterpurukan. Tindakan persatuan yang diadakan dan dilakukan ini berasal dari semangat warga Indonesia yang ingin mempertahankan nilai-nilai luhur bangsa dan ingin mempertahankan kekayaan beserta keragaman kehidupan yang dimiliki Indonesia.

Yang namanya perjuangan itu tidak hanya dilakukan sekali. Perjuangan harus dilakukan secara terus menerus dan konsisten dengan tekad yang bulat dan gigih dalam menerjang setiap masalah yang akan menghadang di depan kita.

Sudah sepantasnya kita berterima kasih kepada bangsa Indonesia terutama pada para pahlawan dan para leluhur dari bangsa Indonesia. Tanpa perjuangan mereka, bangsa Indonesia tidak akan seperti ini sekarang. Bangsa Indonesia tidak akan besar dan tidak akan menjadi bangsa yang memiliki kekayaan dan keberagaman kehidupan. Karakter dari bangsa Indonesia pun tidak akan terbentuk tanpa adanya perjuangan dari para pahlawan dan para leluhur dari bangsa Indonesia.

Para pahlawan dan para leluhur dari bangsa Indonesia akan selalu ada di dalam hati setiap warga negara Indonesia. Tekad dan perjuangan mereka akan selalu menjadi sebuah alarm pengingat untuk bangsa Indonesia bahwa tak ada kata menyerah untuk setiap masalah yang sedang dihadapi. Nilai-nilai perjuangan dari para pahlawan dan para leluhur pun juga akan selalu menjadi patokan untuk kemajuan bangsa Indonesia ke depanya.

Cita-cita bangsa dan tujuan bangsa Indonesia yang akan diwujudkan juga tidak akan terlepas dari nilai-nilai perjuangan tersebut. Dengan membangkitkan semangat juang dari pendahulu-pendahulu bangsa Indonesia terhadap seluruh rakyat Indonesia, situasi dan kondisi apapun yang dialami pasti akan lebih mudah dilewati karena kebersatuan dan rasa saling percaya satu sama lain ada di dalam semangat itu.

Dalam situasi sekarang, kita tidak boleh menuntut bangsa Indonesia untuk memberikan kekayaan dan keragaman yang dimiliki oleh bangsa Indonesia secara terus menerus. Justru kita yang seharusnya memberikan kekayaan dan keragaman yang sudah tertanam pada diri kita masing-masing sejak lahir untuk bangsa Indonesia. Kekayaan dan keragaman yang kita miliki ini juga berkat bangsa Indonesia dan berkat dari para pendahulu-pendahulu bangsa. Sudah saatnya kita menyatukan kekayaan dan keragaman yang kita miliki masing-masing untuk kepentingan bangsa Indonesia dan untuk pemulihan bangsa Indonesia.

Kekayaan dan keragaman yang dimiliki bangsa Indonesia ini terletak dalam pribadi kita masing-masing. Potensi yang akan diciptakan dari persatuan dalam perbedaan akan menjadi sebuah pupuk yang membantu untuk perkembangan bangsa Indonesia. Semakin banyak pupuk yang digunakan maka akan semakin baik pula perkembangan yang akan terjadi.

Waktu akan terus berjalan dan kehidupan akan terus berputar. Adanya pandemi virus dan krisis yang sedang terjadi ini menjadi tanda bahwa sudah saatnya bangsa Indonesia kembali bersatu dan bangkit dari keterpurukan ini. Jadikan kekayaan dan keragaman yang dimiliki oleh bangsa Indonesia sebagai salah satu senjata dalam melawan situasi dan kondisi yang sedang terjadi saat ini.

Perbedaan suku, ras, agama, dan budaya bukanlah menjadi penghambat untuk memulihkan Indonesia tercinta ini. Justru dengan keragaman dan perbedaan tersebut, kita akan dapat menyelesaikan permasalahan yang ada dengan karakter atau ciri khas yang bangsa Indonesia miliki. Dengan membuat pandangan yang lebih luas dan lebih tajam serta menanamkan rasa cinta pada Indonesia, permasalahan akan dapat diselesaikan bersama.

Tidak ada perbedaan semangat juang yang dulu dan sekarang. Melanjutkan dan mempertahankan perjuangan para pahlawan dan para leluhur bangsa Indonesia tidak hanya dilakukan oleh generasi-generasi yang sedang memimpin bangsa Indonesia saat ini. Sudah waktunya untuk generasi penerus bangsa Indonesia mewarisi api semangat yang abadi dan ikut berperan dalam membangkitkan dan memajukan bangsa Indonesia. Tidak perlu takut untuk membuat suatu perubahan yang lebih baik untuk bangsa Indonesia.

Hanya perlu berkarya tulus dengan rasa cinta terhadap bangsa Indonesia dan yakin bahwa setiap perbuatan yang kita lakukan akan berdampak baik,

Penulis: Reyfaldi Maulana Firmansyah
– Instagram : @reyfaldimaulana
– Youtube : Reyfaldi Maulana

23 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini