5 Kegiatan Menarik yang Dilakukan Saat Agustusan

Baca Juga

MATA INDONESIA, – Halo perkenalkan nama saya Rizqi. Saya berumur 19 tahun. Saat ini saya mengenyam pendidikan dan ber kegiatan di salah satu kampus negeri di Indonesia.

Berbicara masalah 17 an rasanya tidak afdol kalau tidak dirayakan dengan cara yang meriah, namun dikarenakan kondisi dunia belakangan ini sedikit terguncang dengan munculnya virus baru yang berstatus internasional yaitu COVID 19, membuat ruang gerak seluruh manusia yang ada di dunia ini menjadi sangat terbatas.

Negeri kita juga terkena imbas dari adanya virus ini sehingga menyebabkan dan memaksa kita untuk meminimalisir kegiatan diluar rumah yang tidak terlalu penting. Sampai saat ini negeri kita terus berjuang agar bisa keluar dari permasalahan ini. Tidak terasa terhitung sampai ulang tahun negeri kita yang ke-75 ini virus ini masih ada dan belum bisa untuk ditangani, maka dari itu perayaan dalam momen 17an di ulang tahun Indonesia yang ke-75 ini secara terpaksa harus dilakukan dari rumah saja.

Sebelum mewabahnya pandemi COVID 19, banyak sekali aktivitas yang saya bisa lakukan diluar seperti pergi untuk mengambil beberapa foto untuk dijadikan konten, dan lain-lain. Biasanya saya juga mengikuti acara yang diselenggarakan di kampus saya seperti upacara bendera, dan di sekitar rumah saya biasanya mengadakan beberapa lomba. Tentu semua hal ini menjadi sulit dilakukan karena adanya pandemi ini, namun masih ada beberapa hal yang dapat kita lakukan ketika momen 17an dilakukan dirumah aja, tentunya mungkin ini bisa menjadi refrensi untuk mengisi kegiatan ketika momen 17an dilakukan dirumah aja.

1. Mengikuti kegiatan upacara secara daring

Kegiatan upacara sebagai simbol penghormatan untuk merenungi sekaligus momen menghargai jasa para pahlawan yang telah berjasa dalam memperjuangkan kemerdekaan sehingga kita dapat menikmati kebebasan saat ini merupakan hal yang sangatlah penting. Biasanya upacara ketika 17an diselenggarakan disekolah ataupun instansi-instansi secara offline, namun dengan adanya pandemi saat ini upacara pun dilakukan secara daring dengan arahan pemerintah daerah setempat. Di kota saya pun melakukannya serentak ketika menunjukan pukul 11.17 WITA.

2. Merayakan kemerdekaan melalui sebuah platform

Sudah menjadi kebiasaan bahwa setiap ada perayaan tertentu, akan ada di setiap platform seperti twitter ataupun instagram bahkan di dalam sebuah game yang merayakan kemerdekaan via online. Jika di twitter mungkin dapat merayakan kemerdekaan dengan tulisan-tulisan singkatnya dan instagram dapat merayakannya melalui sebuah foto, hal berbeda terjadi di dalam sebuah game. Contohnya saja di dalam sebuah game besar yang berada di Indonesia akan ada event-event yang berkaitan dengan kemerdekaan, di dalam gamenya pun ada perayaan-perayaan tersendiri dari player-player game tersebut, misalkan dalam game minecraft kita dapat mengajak teman untuk bermain minecraft serta membuat simulasi upacara bendera disana. Selain minecraft ada banyak game-game lain seperti Lost Saga. Game ini akan membuat sebuah tempat memakai fitur PLAZA, dan didalamnya juga bisa memakai gesture hormat.

3. Menjaga kesehatan tubuh

Tentu dikondisi seperti ini kesehatan tubuh sangatlah penting. Kita harus menjaga kesehatan tubuh salah satunya dengan cara berolahraga di rumah. Dengan berolahraga maka kita akan meningkatkan imunitas yang dimiliki oleh tubuh kita sehingga kita dapat terhindar dari berbagai macam penyakit jika kita memiliki tingkat imunitas yang tinggi. Berdasarkan buku Obsessive Corbuzier diet metode olahraga yang dapat dilakukan ketika dirumah adalah O7W ( OCD 7 minutes work out) sesuai dengan namanya yaitu 7 minutes work out. Jenis olahraga yang ada pada O7W ini hanya dilakukan selama 7 menit, dan jenis-jenis olahraganya pun sudah tidak asing dengan kita. Sewaktu sekolah kita sudah pernah melakukannya. Dalam O7W ini ada 12 macam olahraga yang dilakukan yaitu jumping jacks, wall sit, push up, abnormal crunch, step up on to chair, squat, triceps dip on chair, plank,high knees running in place, lunge, push up and rotation, dan side plank. Dimana durasi setiap 1 macam olahraga yang dilakukan berkisar antara 30 detik, sehingga jika di total durasi dari 12 macam olahraga akan menghabiskan waktu selama 6 menit dengan total jeda dari 1 olahraga ke olahraga lain sekitar 5 detik, dan jika di total adalah 7 menit.

4. Mengikuti perlombaan

Banyak sekali kegiatan perlombaan yang diselenggarakan ketika event 17an, entah itu lomba foto, menulis, design poster dan lainnya. Untuk mengisi waktu dikala 17an dirumah aja kita dapat mengikuti perlombaan ini. Tentunya perlombaan ini selain dapat meningkatkan daya kreativitas yang kita punya ini juga dapat menambah pengalaman di CV nanti.

5. Melakukan 4 B (Belajar, Berkarya, Beribadah, Bersosial)

Tak banyak yang bisa kita lakukan dalam situasi pandemi seperti ini, hang out bareng teman, bersosialisasi dengan sekitar pun juga akan sulit. Untuk mengisi waktu dikala 17an dirumah aja dapat dilakukan dengan cara 4 B yaitu belajar, berkarya,beribadah dan bersosial.

Belajar merupakan kegaiatam penting yang harus selalu kita lakukan entah itu belajar mengenai akademik maupun non akademik. Tentu ada beberapa waktu efektif untuk belajar dan tidak mungkin kita 1 harian belajar karena akan membuat diri ini penat. Dengan belajar kita dapat meningkatkan wawasan kita.

Setelah itu ada kegiatan beribadah. Ibadah sangatlah penting karena ilmu raga dan jiwa haruslah seimbang. Dengan beribadah kita dapat dekat dengan sang pencipta sekaligus memperkuat iman dan dapat menjauhkan kita dari hal-hal yang buruk.

Setelah kegiatan belajar, berkarya dan beribadah selanjutnya ada bersosial. Bersosial diperlukan agar kita dapat menjalankan fungsi sosial sebagaimana mestinya, bersosial bersama teman, keluarga dan lainnya dapat meningkatkan hubungan kita dengan mereka sehingga terbangun sebuah ikatan relasi yang baik dan hangat. Manusia merupakan mahkluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri di dunia ini, maka bersosial dibutuhkan. Dikala pandemi seperti ini bersosial dapat dilakukan secara daring seperti melalui google meet, discord, ataupun zoom.

Begitulah beberapa kegiatan yang dapat kita lakukan dalam momen 17an dirumah saja. Tentunya masih banyak lagi kegiatan lain yang dapat kita lakukan. Namun menurut saya 5 kegiatan ini cukup menarik untuk dilakukan dikala 17an dirumah aja, jangan lupa jika bepergian tetap patuhi protokol kesehatan karena jika kita peduli terhadap diri kita sendiri maka kita secara tidak langsung akan menyelamatkan banyak sekali orang yang rentan akan virus ini. Saya rizqi sampai jumpa dilain waktu.

Penulis: Muhammad Rizqiawan Antul
Ig: @m.rizqiawan.a
Line: @rizqiawan2
Facebook: @Rizqi Awan
Youtube: Muhammad Rizqiawan

10 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini