17 An di Rumah Aja? No Problem

Baca Juga

MATA INDONESIA, – Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) 2020 akan menjadi perayaan yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-75 ini tidak bisa kita rayakan secara meriah bersama tetangga atau warga kompleks sekitar karena dampak pandemi COVID-19. Namun jangan bersedih! Masih banyak kegiatan-kegiatan seru yang dapat dilakukan di rumah dan tentunya kita dapat selalu produktif untuk memeriahkan kemerdekaan Indonesia pada tahun ini.

Meski dilaksanakan secara virtual, peringatan HUT RI ke-75 di tahun ini tidak mengurangi momen seluruh masyarakat Indonesia mengenang perjuangan para pendiri bangsa, dan berkumpul untuk merayakan kemenangan Bangsa ini dengan semangat Bhineka Tunggal Ika. Perayaan 17 Agustus di rumah saja tetap khidmat dan meriah dengan beberapa tips perayaan 17 Agustusan virtual sebagai berikut :

1.Melaksanakan Upacara Bendera
Kita dapat mengajak keluarga untuk melaksanakan upacara di halaman rumah, teras bahkan di dalam rumah. Tentukan siapa yang akan jadi pemimpin upacara, lakukan penghormatan kepada Bendera Merah Putih bersama-sama sambil menyanyikan Indonesia Raya dan jangan lupa untuk mengheningkan cipta untuk mengenang para pahlawan yang telah gugur demi memperjuangkan kemerdekaan Bangsa.

2. Mendekor Rumah
Perayaan HUT RI selalu identik dengan memasang bendera merah putih. Biasanya daerah perumahaan akan penuh dengan ornamen bendera sepanjang jalan, tetapi kali ini akan menjadi lebih sepi. Bagaimana kalau kita menghias rumah masing-masing? Kita dapat memasang bendera merah putih di depan rumah, lalu memasang umbul-umbul di sekitar rumah. Selain itu, interior rumah juga bisa dihias menggunakan bendera plastik yang biasa dijual menjelang 17 Agustus, mengecat rumah maupun ruangan lain dengan warna merah putih, dan masih banyak lagi.

3. Mengikuti Lomba-lomba Virtual
Tidak lengkap rasanya jika merayakan HUT RI tanpa adanya aneka perlombaan. Meskipun kemerdekaan kali ini kita dilarang untuk berkumpul dan harus di ruamh saja, kita masih dapat mengikuti berbagai lomba yang diselenggarakan secara virtual. Kita bisa mengajak keluarga, tetangga atau teman-teman untuk mengikuti lomba virtual yang banyak sekali diadakan oleh beberapa pihak. Kita cukup mencari kegiatan tersebut di internet ataupun media sosial dan ada banyak sekali perlombaan yang dapat kita ikuti, seperti lomba menyanyikan lagu Indonesia Raya, lomba menggambar, lomba menulis artikel, dan yang sedang viral saat ini, lomba tiktok! Sangat menarik bukan?

4. Menggelar Lomba di Rumah
Selain mengikuti perlombaan secara virtual, kita juga bisa menggelar lomba 17-an di rumah dengan sesama anggota keluarga. Dengan menggunakan alat dan bahan sederhana, kita dapat menggelar perlombaan yang tentunya tak kalah seru dari perlombaan biasanya. Lomba-lomba yang dapat dilakukan di rumah seperti lomba makan kerupuk, lomba balap karung, lomba memasukkan paku ke dalam botol, lomba membawa kelereng dengan sendok, lomba joged dengan bola, dan masih banyak lagi.

5. Membuat Album Kenangan
Bukan hanya di hari raya ataupun perpisahan sekolah, membuat album kenangan juga dapat dilakukan pada hari kemerdekaan lho! Kita dapat memilih tema yang sesuai dengan hari kemerdekaan, seperti mengenakan outfit berwarna merah putih, berfoto bersama bendera merah putih, atau kita juga dapat berfoto mengenakan kebaya ataupun batik yang merupakan ciri khas dari Bangsa ini. Dan jangan lupa memasang foto di media sosial atau kirimkan ke saudara dan teman-teman untuk berbagi semangat kemerdekaan.

6. Memasak Bersama
Memasak bersama juga bisa menjadi kegiatan seru untuk merayakan 17-an di rumah. Kita dapat memasak berbagai masakan khas di Indonesia, seperti memasak tumpeng, rendang, sate, dan masakan lainnya. Selain untuk merayakan kemerdekaan Indonesia, memasak bersama juga dapat membantu untuk mengeratkan hubungan antar keluarga sekaligus untuk melatih kemampuan dalam memasak.

7. Menonton Film Bertema Kemerdekaan Indonesia
Menonton film juga dapat menjadi salah satu ide untuk merayakan kemerdekaan di rumah. Menonton film bertemakan kemerdekaan Indonesia dapat membuat rasa cinta kepada negeri ini semakin dalam. Adapun beberapa judul film yang dapat menjadi rekomendasi saat merayakan kemerdekaan seperti Soekarno, Kartini, Merah Putih, Laskar Pelangi, Di Timur Matahari, Garuda di Dadaku, dan masih banyak lagi.

Banyak sekali kegiatan-kegiatan positif yang bisa kita lakukan untuk 17 Agustus new normal ini. Kita memang tidak bisa merayakan Hari Kemerdekaan semeriah biasanya, namun hal tersebut tak menghalangi kita untuk tetap produktif. Ini adalah kesempatan untuk menemukan hal-hal baru yang mungkin belum pernah kita coba. Selamat mencoba!
Pengirim: Nadia Salvira
Ig: @nadiaslviraa

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini